Jika layanan internet shared sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan koneksi di rumah atau kantor, sebaiknya anda memilih layanan internet dedicated.

Berikut adalah kelebihan layanan internet dedicated :

1. Kecepatan koneksi internet tetap. Berbeda dengan kecepatan internet UP- To dimana kecepatan yang didapat adalah kecepatan maksimal ketika jaringan tidak padat.

2. Kecepatan Upload dan Download sama. Untuk pengguna rumahan pada umumnya membutuhkan kecepatan download yang lebih besar. Namun untuk keperluan streaming dan video conference maka besaran Upload dan Download harus sama.

3. Mendapat alamat IP Publik Statis. Alamat IP statis ini sangat berguna jika anda memiliki server yang diakses dari jaringan internet.

4. Layanan yang Lebih Baik. Layanan internet dedicated menawarkan penanganan gangguan yang lebih cepat, biasanya dituangkan dalam Service Level Agreement (SLA).

Harga Langganan Internet Dedicated

Dibandingkan dengan internet shared untuk rumahan, harga langganan internet dedicated per Mbps nya memang jauh lebih mahal. Namun kelebihan harga ini sebanding dengan kualitas internet yang diterima.

Penyedia Jasa Internet Dedicated

Hampir semua penyedia jasa internet memiliki layanan paket internet dedicated. Telkom memiliki layanan internet dedicated dengan nama Astinet, Biznet Dedicated, Indosat Ooredoo, Lintas Arta, Moratelindo, CBN, Gmedia dan lain – lain.

Untuk kantor yang mengelola server sendiri, selain menggunakan koneksi internet dedicated juga perlu mempertimbangkan penggunaan internet dual homing untuk menjamin keberlangsungan koneksi. Jika menggunakan konesi WiFi, sebaiknya upgrade Router Akses Point dengan WiFi.

Tinggalkan Balasan