Smart Home atau Rumah Pintar adalah sebuah bangunan rumah yang seluruh peralatannya dapat saling terhubung, bisa program untuk bekerja secara otomatis untuk memberi kemudahan bagi penghuninya. Konsep Smart Home ini sudah lama ada namun baru berkembang pesat saat ini karena perangkat banyak tersedia di pasaran.

Teknologi Internet of Things (IoT) kini sudah bisa diaplikasikan dengan mudah dan murah untuk rumah tempat tinggal. Tidak perlu keahlian mikro controller seperti Arduino atau Raspbery Pi dan pemrograman untuk membuat perangkat di rumah terhubung dan bekerja dengan otomatis.

Untuk kemudahan penggunaan menggunakan perintah suara, peralatan smart home setidaknya harus kompetibel dengan platform Google Asisten, Amazon Alexa dan Siri.

Hampir semua peralatan elektronik maupun listrik bisa dihubungkan dengan internet asalkan memiliki koneksi Wifi di rumah. Pintu pagar yang dapat terbuka secara otomatis atau dengan perintah suara, pemantauan kondisi rumah dengan CCTV dengan fitur deteksi gerakan, lampu – lampu yang otomatis hidup dan padam, gagang pintu dengan finger print atau dibuka dengan aplikasi, colokan listrik otomatis, korden terbuka otomatis pada pagi hari dan sensor – sensor lainnya.

Berikut adalah beberapa pilihan perangkat Smart Home yang dapat anda pilih untuk aplikasi di rumah anda :

  1. Bardi Smart Home

Bardi Smart Home adalah produsen produk smart home dari Indonesia yang di support dari perusahaan IoT global yaitu Tuya. Menyediakan berbagai produk mulai dari lampu bohlam, colokan listrik, IP Cam, slot pintu dan lain – lain yang semua bisa dikontrol denga Google Asisten maupun Alexa.

2. Arbit

Arbit juga menyediakan produk Smart Home seperti Bardi Smart Home. Hampir semua perangkatnya juga bisa dikontrol dengan perintah suara dari Google Asisten, Alexa dan Siri

3. Xiaomi

Xiaomi sebenarnya memiliki produk smart home yang sangat lengkap, mulai dari peralatan elektronik rumah tangga, kesehatan sampai dengan pakaian. Semua peralatan dapat dikontrol melalui aplikasi Mi Home. Aplikasi ini cukup pintar karena diatur untuk otomatisasi semua perangkat terhubung.Namun tidak semua perangkat Xiaomi bisa dikontrol melalui perintah suara dari Google Asisten dan Alexa.

Memilih peralatan untuk rumah pintar perlu memperhatikan dukungan dari platform yang lebih universal seperti Google Home atau Apple Home Kit agar lebih mudah ketika ada penambahan alat baru. Dari segi built quality, Xiaomi perangkatnya cukup baik dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan