Ada kalanya koneksi tiba – tiba putus lalu tersambung kembali. Wifi yang ada dipasaran bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz atau 5,8 Ghz. Pada frekuensi tersebut masing – masing perangkat akses point masih bisa ditentukan channel yang kita gunakan. Untuk frekuensi 2,4Ghz ada 14 channel yang dapat dipilih namun di beberapa region hanya 11 channel yang boleh digunakan. Jika ada banyak akses poin berdekatan dalam satu area dan menggunakan channel yang sama maka akan terjadi interferensi yang mengakibatkan koneksi perangkat ke akses poin terputus.

Secara default akses poin indihome misalnya yang menjadi satu dengan ONT disetting channelnya auto. Jika dalam satu area tidak ada akses poin lain tentu ini tidak menjadi masalah.

Untuk mengetahui Wifi yang ada beserta channel yang digunakan bisa menggunakan aplikasi Wifi Analizer. Dengan aplikasi ini akan terlihat wifi akses poin yang tersedia beserta dengan frekuensi yang digunakan, channel yang dipakai, kekuatan sinyal dan detail akses poin yang digunakan.

One Reply to “Koneksi WiFi sering Putus?, Coba cek Channel yang digunakan”

Tinggalkan Balasan