Koneksi internet merupakan kebutuhan utama pada kehidupan modern ini. Semua perangkat di rumah yang disertai dengan kata smart pasti membutuhkan koneksi internet, smart tv, smart kulkas, smart rice cooker, smart CCTV dan perangkat smart home lainnya.

Koneksi internet untuk rumah yang bisa dibagi pakai untuk seluruh perangkat di rumah dikenal dengan internet broadband atau pita lebar. Jalur koneksi bisa dengan wireless atau kabel serat optik.

FCC memberikan panduan untuk mengukur keperluan kecepatan internet rumah tangga yang ditentukan oleh jumlah pengguna atau perangkat tersambung pada waktu yang bersamaan dan jenis website atau aplikasi yang diakses. Jenis penggunaan internet dikategorikan rendah,sedang dan tinggi.

Untuk penggunaan paling rendah / basic, seperti browsing dan akses media sosial, penggunaan ideal masing – masing perangkat adalah 3 sampai 8 Mbps. Untuk pengguna menengah, yaitu penggunaan basic ditambah dengan satu perangkat untuk video streaming, game online dan video conference membutuhkan bandwidth sebesar
12 sampai 25 Mbps. Nah jika dalam satu rumah ada pengguna menggunakan layanan menengah ini dalam waktu yang bersamaan, ini membutuhkan koneksi internet lebih dari 25 Mbps.

Berikut adalah kebutuhan minimal kecepatan internet untuk berbagai keperluan :

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan