Media penyimpanan data pada laptop atau komputer adalah yang paling sering mengalami kerusakan atau kekurangan kapasitas. Ketika kita harus mengganti atau meng-upgrade penyimpanan laptop karena sudah penuh atau rusak, maka pilihan yang tersedia di pasaran adalah HDD dan SSD.

Apa itu HDD?

Hard Disk Drive (HDD) adalah media media penyimpanan data yang menggunakan metode perputaran disk atau cakram. Perputaran cakram ini membuat suara berisik ketika mengakses data.

HDD umum digunakan untuk menyimpan sistem operasi dan program aplikasi pada komputer atau laptop.

Apa itu SSD?

Solid State Drive (SSD) adalah media penyimpanan tanpa adanya pergerakan dan hanya menggunakan NAND flash chip memory layaknya flash disk. SSD dengan SATA III memiliki kecepatan transfer data 550 Mbps, sementara HDD adalah 125 Mbps.

Kesimpulan

Harga kapasitas HDD per MB lebih murah dibandingkan SSD. Pertama, jika anda membutuhkan penyimpanan yang besar dan jarang diakses sebaiknya pilih HDD. Kedua, jika anda membutuhkan akses data yang cepat, seperti untuk booting sistem operasi/ game, suara yang lebih senyap, SSD adalah solusinya.

Kedua, jika anda ingin ganti harddisk laptop yang rusak, sebaiknya memilih SSD karena walaupun kapasitasnya lebih kecil dibandingkan dengan HDD namun kecepatan booting komputer dengan SSD akan jauh lebih cepat.

Tinggalkan Balasan