Penggunaan Zoom Meeting dan Webinar untuk berbagai acara seperti pendidikan, perkantoran dan bisnis. Dengan banyaknya agenda Zoom Meeting atau Webinar yang kita ikuti terkadang acaranya berlangsung dalam waktu yang bersamaan. Terkadang kita tidak bisa mengikuti acara webinar yang bagus karena gangguan dari lingkungan. Karena tidak semua Webinar disiarkan langung melaui Youtube atau Facebook, kita membutuhkan file video rekaman dari Zoom Meeting atau Webinar.

Berikut adalah berbagai cara merekam video Zoom Meeting :

  1. Merekam Video Langsung dari Aplikasi Zoom

Secara default, host bisa merekam video ketika meeting sedang berlangsung. Pada Zoom yang berlisensi, ada pilihan untuk merekam lokal di komputer atau disimpan di cloud.

Peserta dapat merekam video pada aplikasi Zoom hanya jika mendapat izin dari host. Jika tidak mendapat izin untuk merekam video lewat aplikasi Zoom maka bisa merekam dengan cara lain.

2. Merekam Video Zoom dengan OBS

Selain untuk keperluan video streaming, dapat menggunakan aplikasi OBS untuk merekam video dari perangkat video input atau dari layar monitor. Cara merekam Zoom dengan OBS: pilih Source > Display Capture lalu pilih Start Recording. Untuk melihat file hasil rekaman pilih File > Setting > Output > Recording. File video hasil rekaman juga bisa dipilih seperti flv,mov atau mkv.

3. Merekam Video Video Zoom dengan Aplikasi Video Editor

Selain OBS, untuk merekam video Zoom Meeting atau Webinar bisa juga menggunakan aplikasi editor video seperti Wondershare Filmora. Cara merekam layar desktop menggunakan Filmora adalah File > Record Media > Record PC Screen.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan