Jika kita merasa koneksi internet terasa lambat, maka langkah pertama yang biasa diambil adalah mengetes kecepatan WiFi kita. Menguji kecepatan koneksi internet atau WiFi paling mudah adalah mengggunakan situs penyedia cek kecepatan (speed test) seperti Oakla, CBN speedtest, fast.com dan lain -lain. Namun hasi test kecepatan koneksi internet yang ditampilkan sebenarnya dipengaruhi oleh banyak faktor. Sehingga angka tersebut kemungkinan berbeda dari kecepatan sebenarnya yang diberikan oleh penyedia.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan test speed internet WiFi.

1. Gunakan aplikasi yang tepat.

Dibandingkan menggunakan test speed berbasis website yang biasanya perlu bandwidth untuk download flash maupun iklan, sebaiknya gunakan test speed mengunakan aplikasi seperti https://www.speedtest.net/apps

2. Lakukan berulang kali.

Terkadang saat kita melakukan test speed koneksi internet memang sedang lambat sementara karena jaringan dan bisa kembali normal beberapa saat. Untuk itu sebaiknya test speed tidak hanya dilakukan sekali namun beberapa kali untuk mendapat perbandingan.

3. Pastikan tidak perangkat yang sedang download.

Jika ada perangkat yang sedang download atau update maka sebaiknya test speed jangan dilakukan karena akan mempengaruhi hasil test speed kita. Pada umumnya router standar tidak di set pembatasan kecepatan masing – masing perangkat. Ini menyebabkan satu perangkat melakukan aktifitas download apalagi yang menggunakan download manager atau torrent akan menghabis kapasitas yang tersedia.

4. Putuskan perangkat yang terhubung ke WiFi.

Jika test speed dilakukan pada koneksi internet wireless atau WiFi maka sebaiknya putuskan terlebih dahulu perangkat yang terhubung.

Tinggalkan Balasan