Langkah – langkah Mengakses Internet Wireless

Solusi untuk akses internet untuk rumah yang ada di luar kota adalah dengan radio wireless. Wifi kencang di rumah semakin penting di era pandemi. Internet menggunakan paket data dari jaringan selular sangat boros kuota apalagi jika dalam satu rumah ada banyak perangkat yang mengakses internet. Ada beberapa ISP yang menyediakan jaringan internet tanpa kabel untuk menjangkau rumah atau vila yang berjarak puluhan kilo meter. Ada juga yang berbagi koneksi internet antara satu tempat lain yang dikenal dengan istilah ” menembak wifi”.

Internet Wireless

Berikut adalah langkah langkah agar bisa mengakses internet secara wireless:

  1. Survey lokasi

Sebelum memasang perangkat penerima sinyal internet secara wireless, harus dipastikan kedua tempat tidak ada penghalang, baik itu bukit, pohon atau bangunan. Selain melihat langsung dari lokasi, bisa juga menggunakan aplikasi UBNT Airlink. Dengan aplikasi ini maka dapat ditentukan ketinggian antena yang akan dipasang.

2. Tentukan Perangkat yang digunakan

Secara umum perangkat yang tersedia di pasaran ada dua yaitu yang bekerja pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,8 GHz. Perangkat 5,8 GHz bekerja lebih baik untuk jarak karena interferensi lebih minim.Perlu diketahui bahwa frekuensi 2,4 Ghz sudah banyak penggunanya sehingga kita harus menyesuaikan channel yang digunakan. Merek yang umum dipakai adalah UBNT, Mikrotik, TP Link dan Tenda.

3. Pemasangan Perangkat Antena

Jika menggunakan tiang monopole atau pipa maka pastikan tiang tidak bisa berputar karena akan mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima. Setelah terpasang perlu dilakukan pointing atau mengarahkan antena untuk mendapat sinyal terbaik.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Exit mobile version