Video conference menggunakan Zoom fiturnya semakin banyak, baik untuk keperluan rapat online ( web meeting) atau seminar online ( webinar).

Salah satu fitur yang sangat bermanfaat terutama bagi instansi yang menyelenggarakan web meeting / webinar adalah fitur registrasi peserta. Ini memudahkan penyelenggara untuk mengetahui data peserta sebelum acara dimulai. Jika biasanya link yang dibagikan berisi meeting id dan password maka jika anda mengaktifkan fitur registrasi peserta akan diarahkan untuk mengisi formulir sesuai dengan pertanyaan yang diberikan.

Berikut langkah – langkah mengaktifkan fitur registrasi pada aplikasi Zoom

  1. Login ke aplikasi Zoom melalui browser dengan alamat https://zoom.us/
  2. Pilih menu ” Meetings” lalu klik “Schedule a Meeting “
  3. Isi formulir sesuai dengan acara yang akan dibuat lalu centang menu Registration : Required
  4. Setelah klik “Save” maka akan muncul registration link yang bisa dibagikan dan dibawah akan muncul menu Registration
  5. Edit Registration Option jika ingin menambahkan kolom pertanyaan yang lain.

Ini adalah cara membuat link pendaftaran untuk Webinar maupun Zoom Meeting. Link pendaftaran ini tidak menampilkan Meeting ID dan Password.

Fitur registrasi di Zoom ini bisa di set untuk disetujui otomatis dan manual. Data peserta akan disimpan pada form yang bisa digunakan untuk keperluan absensi.

Cara registrasi Zoom Meeting dan Webinar

Bagi calon peserta webinar, jika sudah mendapat link melaui Email atau Whatsapp maka bisa meng klik link tersebut, mengisi formulir yang diberikan.

Hal lain yang perlu diperhatikan :

Tinggalkan Balasan