Tips Membeli Laptop Bekas Secara Online

Ada banyak pilihan laptop bekas yang dijual secara online di marketplace seperi Bukalapak, Lazada, Tokopedia. Selain karena harga yang lebih murah, ada beberapa alasan mengapa orang membeli laptop bekas.

Salah satu alasan membeli laptop bekas adalah bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi bagus dengan harga yang murah. Laptop bekas perusahaan yang umumnya laptop kelas bisnis, waktu pemakaian singkat dan masih layak pakai menjadi pilihan dibandingkan dengan membeli laptop baru dengan spesifikasi lebih rendah dengan budget yang sama.

Berikut adalah tips sebelum membeli laptop bekas secara online:

  1. Penjual atau toko yang terpercaya. Banyak ada toko online yang menjual laptop bekas dengan kondisi masih bagus dan harga yang terjangkau. Namun demikian harga yang mencurigakan atau terlalu murah perlu diwaspadai.
  2. Riset spesifikasi. Sebelum memutuskan laptop yang akan dibeli, perlu dilakukan riset mengenai tahun keluaran, tipe, merek dan detail spesifikasinya. Karena teknologi komputer terutama chipset atau processor berkembang dengan cepat sebaiknya membeli laptop yang tahun keluarannya tidak terlalu lama. Untuk merek, perlu diperhatikan tipe laptop yang akan dibeli. Semua merek mengeluarkan tipe laptop mulai dari entri level (kelas rendah), midle dan high end. Kelas laptop bussiness biasanya memiliki built quality yang bagus sehingga masih bagus kondisinya walapun sudah bekas. Sebagai contoh laptop Hewlett-Packard (HP) memiliki tipe yang Probook dan Elitbook.
  3. Garansi atau purna jual. Karena membeli online tidak bisa mencoba atau melihat langsung, laptop bekas yang dibeli sebaiknya ada garansi minimal dua minggu agar bisa complain ketika ada masalah pada laptop yang dibeli.

Tentu ada pertimbangan lain dalam memilih laptop atau perangkat elektronik lainnya, seperti kondisi fisik casing, layar, keyboard, daya tahan baterai maupun sistem operasinya. Dalam kasus pembelian online maka kondisi fisik hanya bisa diketahui dengan pasti ketika barang datang.

Cara Setting Audio dari OBS ke Zoom

Kita bisa memutar video atau film pada OBS lalu menampilkannya pada pada aplikasi Zoom menggunakan fitur Virtual Camera. Namun permasalahannya adalah bagaimana menyalurkan suara dari video yang diputar adag masuk ke mic Zoom sehingga bisa terdengar dengan jernih oleh peserta?

Untuk menyambungkan audio dari OBS ke Zoom, anda perlu menginstall virtual mixer. Anda dapat menggunakan aplikasi Voice Meeter Virtual Mixer.

Setelah diinstall maka akan ada tambahan virtual audio input dan output pada PC anda. Cara setting agar suara video dari OBS masuk ke zoom adalah :

  1. Pada aplikasi OBS pilih File – Setting – Audio. Pada montoring device pilih VB – Audio VoiceMeeter
  1. 2. Pada aplikasi Zoom pilih Pilih Select Microphone – VB-Audio Voicemeeter

Karena output suara dari aplikasi OBS ke Zoom melalui VoiceMeeter secara virtual maka akan menghasilkan suara yang lebih jernih.

Cara Setting Zoom Meeting atau Webinar Multi Kamera

Penggunaan aplikasi Zoom bukan hanya untuk rapat online atau seminar online saja tapi kegiatan seperti lomba – lomba, sosialisasi, demo memasak, pelatihan dan lain – lain.

Terkadang kegiatan Zoom Meeting ini memerlukan lebih dari satu kamera agar peserta dapat melihat dengan jelas.

Multi Webcam
Cara paling sederhana untuk melakukan Zoom adalah dengan menggunakan webcam. Jika menggunakan lebih dari satu Webcam maka kita bisa memilih video yang ingin ditampilkan melalui aplikasi Zoom. Jika ingin menampilkan video dari dua webcam sekaligus atau picture in picture(PiP) maka bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti OBS.

Menggunakan Webcam untuk Zoom maka bisa ditempatkan pada posisi mengarah ke satu orang karena pada umumnya webcam tidak memiliki fitur optical zoom.

Rekomendasi webcam untuk Zoom : Logitech 930 e

Video Mixer
Untuk acara yang lebih profesional bisa menggunakan kamera DSLR atau kamera video (handycam). Menggunakan kamera ini lebih leluasa karena bisa mengarahkan ke angel sesuai keinginan. Untuk menggabungkan kamera dapat menggunakan video mixer.

Rekomendasi Video Mixer :Blacmagic Atem Mini.

Mengapa Menggunakan Kabel LAN daripada WiFi?

Teknologi jaringan wireless sudah berkembang sangat cepat. Terakhir WiFi 6 sudah mengukung kecepatan diatas 1Gigabits. Lalu mengapa untuk akses internet masih menggunakan kabel?

Kabel ethernet atau biasa disebut dengan kabel ( LocalArea Network) LAN atau kabel UTP adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti PC, Laptop, Smart TV atau Playstation ke router atau switch untuk mendapat koneksi internet. WiFi bekerja menyebarkan koneksi melalui perangkat radio frekuensi di udara dari router ke perangkat penerima dimana dalam perjalanannya kemungkinan ada gangguan.

Kabel LAN dapat menyalurkan bandwidth sampai 1 Gigabits jika perangkat Router atau Switch dan LAN card yang digunakan mendukung Gigabits. Sementara kecepatan internet yang didapat ditentukan oleh kecepatan langganan internet dari ISP anda. Jika anda berlangganan internet lebih dari 100 Mbps

Menggunakan koneksi internet menggunakan kabel akan lebih stabil karena tidak ada interferensi dan penghalang dalam komunikasi datanya.

Kabel UTP yang biasa digunakan dalam LAN menggunakan konektor RJ 45. Anda bisa membeli kabel LAN yang sudah dilengkapi konektor RJ 45 dengan panjang beberapa meter. Atau menyambung sendiri konektor RJ 45 menggunakan tang crimping.

Cara menggunakan kabel LAN untuk akses internet :

  • Sambungkan ujung konektor RJ 45 ke port LAN pada PC atau Laptop dan satu ujungnya ke Router.
  • Jika port di Router sudah di set sebagai DHCP server maka anda tidak perlu memasukkan alamat IP di PC atau laptop.

SPSE : Contoh Sistem Informasi Pemerintah yang Bagus

Instansi Pemerintah pusat maupun daerah mengelola banyak sekali aplikasi untuk administrasi pemerintahan dan pelayanan publik. Aplikasi dibuat dengan tujuan mempermudah pekerjaan. Namun terkadang aplikasi ini juga menambah masalah baru karena kendala teknis, perubahan regulasi, input data dan duplikasi data karena tidak ada integrasi.

Berikut singkatan aplikasi yang umum di kalangan ASN, SAKIP, WBS, SIPKD, SIPD, SIMDA, SIKN, SIMAYA, SIAK, SIMRAL, SIPPEDA, SISMONTEPRA, JDIH, E-KINERJA, SISMIOP, SIKDA, SICANTIK, E-LAPOR dan SI lainnya. Belum lagi sistem informasi yang dibuat hanya untuk keperluan proyek perubahan diklat PIM.

Sistem Pengadaan Secara Elekronik (SPSE) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh LKPP untuk keperluan pengadaan barang /jasa pemerintah. Aplikasi ini diinstall pada server yang di kelola oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) pada instansi baik pemerintah pusat maupun daerah.

Dengan adanya aplikasi ini maka proses lelang manual yang sering bermasalah perlahan berubah menjadi lebih transparan dan kredibel.

Sejarah LPSE Kabupaten Buleleng

Kabupaten Buleleng sudah menginstall aplikasi SPSE versi 2.3 pada server pada tahun 2012. Ini merupakan aplikasi pertama yang menggunakan server sendiri untuk diakses publik.

Tahap instalasi masih dibantu oleh tim IT dari LKPP menggunakan remote akses. Pengelola LPSE pelan pelan memahami alur dari aplikasi ini.

LPSE memiliki standar Operating Pocedure yang jelas mengenai pengelolaan sistem, pengelola, hak akses, back up data, eskalasi permasalahan, manajemen perubahan dan resiko keamanan informasi.

Selanjutnya aplikasi ini terus diperbaharui ke versi 3 dan 4 mengikuti perubahan regulasi dan kemudahan penggunaan. SPSE juga mulai diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti rencana umum pengadaan untuk memudahkan pengguna.

Standarisasi diperlukan untuk menjamin aplikasi tetap aman dan berfungsi dengan baik.

Tidak banyak aplikasi pemerintahan yang bisa terus berkembang untuk penyempurnaan. Arah kebijakan anggaran dan adanya mutasi pejabat pengelola terkadang mempersulit pengembangan aplikasi.

Baca juga :

  1. Infrastruktur SPBE Pemerintah Daerah
  2. Kecerdasan Buatan dalam Aplikasi Pemerintah

Berbagai Perangkat Merek Xiaomi yang Sudah dimiliki

Xiaomi adalah merek paling banyak yang saya gunakan untuk perangkat elektronik. Alasan memilih produk Xiaomi antara lain kualitasproduk (built quality) yang bagus, tampilan bagus dan harga yang murah. Selain smartphone, Xiaomi juga mengeluarkan produk elektronik dan peralatan rumah tangga.

Ada juga produk dengan merek berbeda tetapi kompetibel dengan perangkat Xiaomi yang dikenal dengan ekosistem Xiaomi. Perangkat ekosistem Xiaomi terhubung dengan aplikasi smarthome yaitu MiHome.

Beberapa perangkat merek Xiaomi yang sudah saya miliki antara lain :

  1. Handphone, mulai dari Redmi 1s , Redmi 2 Prime, Redmi 4x, Redmi Note 7, Redmi Note 8
  2. Televisi Smart TV,
  3. Router akses point
  4. Timbangan Badan
  5. Smartwatch, Amazfit BIP
  6. Tongsis
  7. Mouse
  8. Keran Galon
  9. CCTV Ip Camera
  10. Speaker Bluetooth Xiaomi

Alasan Ganti Router WiFi 6

Teknologi jaringan terutama yang tanpa kabel atau wireless terus berkembang mengikuti kebutuhan. Wifi terbaru saat ini adalah versi 6 dengan kode standar 802.11 ax yang merupakan kelanjutan dari WiFi 5 (802.11ac). Sebelumnya standar WiFi ada a,b.g dan n. Jika WiFi 5 atau ac hanya bekerja pada frekuensi 5 Ghz, maka WiFi 6 bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz dan 5 Ghz.

Salah satu kelebihan dari teknologi WiFi 6 ini adalah menggunakan metode OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access).

Berikut adalah alasa mengapa anda harus mengganti Router lama anda dengan yang mendukung WiFi 6 atau dengan kode ax :

  1. Kebutuhan koneksi internet dengan latency rendah. Latency adalah waktu yang dibutuhkan untuk transfer data dari asal ke tujuan dengan satuan mili detik. Game online, video streaming dan video conference ( Zoom, Google Meet) adalah contoh aplikasi yang membutuhkan latency kecil. WiFi 6 menjanjikan latency lebih kecil walaupun banyak perangkat yang terhubung.
  2. Memiliki banyak perangkat IoT Smart Home. Perangkat – perangkat IOT seperti CCTV IP Camera, Smart TV, Smart speaker dan sensor lainnya yang terhubung langsung ke internet memerlukan koneksi internet secara terus menerus.
  3. Memiliki perangkat yang sudah mendukung WiFi 6
  4. Router lama atau bawaan dari ISP sudah terlalu tua.

Beberapa contoh Router Akses Point WiFi 6 yang bisa dibeli antara lain :

  1. ASUS RT-AX82U AX5400 WiFi 6 With AiMesh AX 5400 WIFI6 Wireless Router
  2. XIAOMI AIoT ROUTER AX3600 – WiFi 6 Wireless
  3. UniFi 6 Lite Access Point

CuriosityStream : Layanan Streaming Khusus Pecinta Film Dokumenter

Pilihan langganan layanan streaming kini semakin banyak yang dapat dipilih sesuai keinginan. Namun dari sekian banyak pilihan layanan streaming, semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Netflix sebagai layanan streaming dengan koleksi film paling banyak namun untuk urusan film maupun serial dokumenter masih sangat kurang. Koleksi drama korea cukup banyak, film Indonesia, film India dan film barat lainnya. Prime Video memiliki koleksi film Amerika dengan kualitas video yang sangat bagus. Disney Plus Hotstar memiliki banyak koleksi film untuk anak dan keluarga serta sudah di dubbing ke dalam bahasa Indonesia.

CuriosityStream menawarkan berbagai serial dokumenter dengan topik sejarah, sains,teknologi, alam dan lainya. Cukup untuk memenuhi hasrat keingintahuan kita terhadap sesuatu.

Harga langganan CuriosityStream cukup murah yaitu $20 setahun. Kekurangan dari CuriosityStream ini salah satunya adalah belum ada subtitle bahasa Indonesia.

Membuat Rencana Pembuatan Jaringan Wireless dengan ISP Design Center

Ubiquiti Networks (UBNT) adalah perusahaan perangkat jaringan dengan produk utama radio akses point indoor/outdoor, switch dan router. Perangkat jaringan wireless outdoor dengan frekuensi 2,4 Ghz dan 5,8 Ghz umumnya menggunakan Mikrotik dan UBNT.

Membuat usaha jasa penyedia layanan internet membutuhkan perencanaan yang matang agar investasi yang dikeluarkan tidak mengalami kerugian. Sebelum membuat jaringan wireless harus melakukan survey jaringan menggunakan aplikasi dan langsung terjun ke lokasi. Salah satu aplikasi untuk servey jaringan wireless adalah menggunakan aplikasi dari UBNT yang bernama Airlinks.

Penyempurnaan aplikasi UBNT Airlinks bernama ISP Design Center Alpha. Sama seperti UBNT Airlinks, ISP Design Center ini bisa digunakan untuk melakukan simulasi jaringan Point to Point (PtP) dan Point to Multi Point (PtMP) namun ada beberapa fitur tambahan yang cukup bermanfaat.

Beberapa fitur tambahan ISP Design Center ini adalah :

  1. Auto Product Selection untuk menentukan perangat yang paling tepat digunakan
  2. Peta curah hujan
  3. Kalkulator penghitung keuntungan

Artikel terkait :

  1. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha ISP atau RT RW Net
  2. Cara menggunakan aplikasi UBNT Airlink
  3. Cara Mengakses Koneksi internet secara wireless

Koneksi Internet di Bali saat Nyepi Tahun 2021

Hari raya Nyepi dirayakan setiap tahun oleh penganut agama Hindu khususnya di Bali. Ada empat pantangan ketika merayakan hari raya Nyepi, yaitu :

  1. Amati Geni atau tidak menyalakan api /lampu
  2. Amati Karya atau tidak bekerja
  3. Amati Lelungaan atau tidak bepergian
  4. Amati Lelanguan atau tidak menikmati hiburan.

Nyepi juga identik dengan kebijakan pemutusan jaringan internet selama 24 jam untuk seluruh Provinsi Bali.

Untuk tahun 2021, kebijakan pemutusan koneksi internet hanya diberlakukan untuk pengguna paket data seluler dan IPTV. Bagi yang berlangganan koneksi internet di rumah seperti Indihome, Biznet, CBN dan koneksi internet berbasis fiber optik akan tetap hidup. Walaupun tidak disampaikan secara spesifik tetapi koneksi internet yang menggunakan radio wireless maupun satelit, kemungkinan akan tetap on.

Lalu, bagaimana cara mengakses internet saat Nyepi di Bali? Pengguna layanan internet di perkotaan umumnya sudah menggunakan koneksi internet berbasis kabel atau wireless sehingga tidak ada kendala. Bagi yang berada di pedesaan umumnya hanya mengandalkan koneksi paket data namun ada yang menggunakan RT RW Net

Apakah bisa menggunakan VPN dari jaringan seluler? Jika koneksi internet putus maka otomatis tidak bisa menggunakan VPN.

Exit mobile version