Tips Memilih Laptop untuk Bisnis Online

Laptop Bisnis Online

Pandemi membuat bisnis online menjadi semakin menjanjikan. Cara paling murah dan mudah melakukan bisnis online adalah dengan menjual barang atau jasa melalui media sosial maupun marketplace seperti Shopee, Bukalapak, atau Tokopedia. Hampir seluruh kebutuhan kini bisa dijual secara online. Hanya dengan modal laptop atau HP dengan koneksi internet, anda sudah bisa berjualan online.

Anda juga wajib memperhatikan laptop atau komputer bagi anda yang baru merintis jualan secara online agar bisnis anda tidak ada hambatan. Berikut adalah tips memilih laptop untuk bisnis online :

  1. Spesifikasi. Processor laptop untuk bisnis online tidak harus terlalu kencang seperti halnya laptop untuk bermain game atau desain grafis dan tidak juga terlalu lambat. Untuk sekelas processor intel, seri core i series terendah (Core i3) pun sudah cukup. Untuk memori RAM minimum adalah 2 GB karena akan sering digunakan untuk akses browser seperti Google Chrome.
  2. Merek. Merek laptop yang umum dan memiliki built quality yang bagus yaitu Dell dan HP. Ada juga merek lain seperti Acer, Lenovo, Asus juga bagus tergantung dari seri nya.
  3. Ukuran. Layar monitor laptop yang nyaman adalah sekitar 13 sampai 15 inch.
  4. Koneksi. Bisnis online mengandalkan koneksi internet. Oleh karena itu perlu memperhatikan cara koneksi internet yang stabil. Jika anda menggunakan koneksi internet dengan kabel, pastikan laptopnya sudah tersedia port RJ 45. Ketika menggunakan Wifi dan router akses poin anda mendukung Wifi 5 atau 6 sebaiknya pilih laptop yang mendukung Wifi dengan band tersebut.

Apabila harga menjadi pertimbangan, maka anda dapat membandingkan berbagai merek dengan spesifikasinya. Merek – merek laptop baru seperti Redmibook atau Realme Book menawarkan laptop dengan spesifikasi tinggi dan harga lebih terjangkau. Untuk mendapatkan laptop dengan spesififikasi tinggi dengan harga terjangkau, anda dapat membeli laptop bekas dengan kondisi masih bagus.

Cara Setting Keamanan SSH

Setting Keamanan SSH Server

Mengelola server aplikasi memerlukan cara khusus agar dapat melakukan remote atau instalasi dari jarak jauh. Karena server memerlukan fitur keamanan yang lebih tinggi maka diperlukan protokol yang aman.

Apa itu SSH?

SSH adalah singkatan dari Secure Shell atau Secure Socket Shell merupakan protokol jaringan terenkripsi. Tujuan penggunaan SSH adalah untuk memberikan akses ke pengguna, dalam hal ini administrator sistem, agar bisa terhubung ker server melalui jaringan dengan aman.

SSH umumnya digunakan untuk remote login, remote command line dan remote eksekusi command. Sebelumnya SSH, cara yang digunakan adalah rlogin, telnet dan rsh.

Cara Mengamankan SSH

Mengingat SSH sangat rawan terhadap serangan yang mencoba masuk ke server seperti brute force attack dan lainnya maka administrator sistem harus melakukan pengamanan terhadap server SHH nya. Berikut adalah beberapa cara pengamanan server SSH :

  1. Gunakan Password yang aman.
  2. Melarang login root.
  3. Mengganti port default. Secara default port untuk SSH adalah 22. Anda bisa mengganti port ini dengan angka sembarangan misalnya 1082. Caranya Buka file konfigurasi SSH /etc/ssh/sshd_config lalu cari Port 22
  4. Menonaktifkan password kosong.
  5. Batasi pengakses hanya dari alamat IP tertentu.
  6. Block SSH brute force attack

Zorin OS 16 : Linux dengan Tampilan Bagus

Zorin adalah distro Linux yang mudah digunakan. Ada tiga versi Zorin yaitu Pro, Core dan Lite. Zorin OS Pro adalah versi berbayar dengan tampilan terbaik. Zorin OS Core bisa digunakan dengan gratis dan Lite untuk komputer dengan spesifikasi rendah atau jadul.

Zorin OS Core sebenarnya sudah cukup bagus digunakan pada komputer dengan processor Intel Generasi awal dan RAM 2 GB. Zorin OS sudah cukup digunakan untuk bekerja maupun belajar karena sudah dilengkapi dengan aplikasi yang umum digunakan .

Tampilan Zorin OS 16 mirip dengan tampilan Windows 11 dengan sudut jendela melengkung.

Terdapat 3 jenis Zorin OS yang bisa dipilih yaitu :

  • Zorin OS 16 Pro. Memiliki tampilan paling bagus dengan layout desktop ala macOS, Windows 11 dan Classic.
  • Zorin OS 16 Core.
  • Zorin OS Lite.
Diterbitkan
Dikategorikan dalam Review Ditandai

Alasan Membeli NAS untuk di Rumah

NAS atau Network Attached Storage adalah media penyimpanan berbasis jaringan. Sama seperti media penyimpanan apakah itu Flashdisk, Harddisk eksternal, penyimpanan berbasis Cloud seperti Google Drive atau Dropbox. NAS berbeda karena dapat digunakan untuk penyimpanan pada jaringan lokal atau bisa dibuat agar bisa diakses dari mana saja.

NAS adalah sebuah komputer atau server untuk menyimpan data. Kita bisa membangun sendiri server NAS bisa menggunakan FreeNAS atau True NAS. Bisa juga membeli NAS yang sudah jadi dan lengkap dengan aplikasi tambahan yang bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan. NAS yang tersedia di pasaran yaitu QNAP dan Synology.

Lalu kenapa anda perlu membeli NAS untuk di rumah?Berikut adalah alasan mengapa anda perlu memiliki NAS di rumah :

  1. Sebagai pusat data untuk seluruh anggota keluarga. Dengan NAS anda tidak perlu menggunakan harddisk eksternal atau flashdisk untuk menyimpan atau transfer data.
  2. Memiliki private cloud sendiri. Daripada mengunakan layanan penyimpanan Cloud seperti Google Drive atau Dropbox, dengan NAS berarti anda memiliki server cloud sendiri. Anda bisa mem-backup semua foto maupun data lainnya dari semua perangkat yang ada pada NAS ini.
  3. Sebagai penghubung untuk perangkat IoT di rumah seperti IP Camera. Anda bisa menggunakan NAS untuk menyimpan rekaman IP Camera atau webcam.
  4. Mengakses seluruh file yang ada di NAS dari manapun.
QNAP TS-253 BE

Salah satu contoh NAS yang bisa di gunakan di rumah adalah QNAP TS-253 BE. Dengan processor intel Celeron quadcore 1.5 Ghz dam memory RAM 2 GB dan bisa di tambah sampai dengan 8 GB. Terdiri dari 2 slot HDD ukuran 3.5 Inch, port LAN gigabit dan port HDMI.

Banyak aplikasi yang bisa ditambahkan dengan mudah karena QNAP sudah memiliki App Center.

Baca juga :

  1. Pilih Server HCI
  2. Tips membeli laptop bekas secara online
  3. Pilih HDD atau SSD

Arti Angka dan Huruf pada Processor Intel

Sebagai produsen nomer satu di dunia, Intel sudah mengeluarkan Processor dengan beragam jenis. Sejak era Processor 386. 486, Pentium dan Core. Tiap – tiap merek processor tersebut juga dibagi ke dalam berbagai jenis, kecepatan dan generasi. Setiap keping processor intel memiliki spesifikasi yang bisa dilihat dari penamaannya.

Kode Processor Intel

Berikut adalah urutan penamaan pada processor Intel :

  • Nama Perusahaan dan Nama Merek
  • Nama Variasi Merek
  • Generasi
  • Nomer Model
  • Huruf terakhir

Nama Perusahaan dan Merek

Setiap processor Intel selalu diawali dengan nama perusahaan yaitu Intel dan dilanjutkan dengan mereknya. Ada beberapa merek processor Intel yang diperuntukkan sesuai penggunaan :

  1. Core, digunakan pada sebagian besar komputer baik untuk untuk bekerja maupun bermain game.
  2. Xeon, biasa digunakan pada server
  3. Pentium, biasa digunakan pada komputer yang dengan kerja ringan seperti mengetik.
  4. Celeron, processor intel dengan harga terjangkau
  5. Atom, processor untuk perangkan mobile

Variasi Merek

Setelah merek, selanjutnya dilanjutkan dengan variasi merek misalnya Intel Core dibagi lagi menjadi i3, i5, i7 dan i9. Semakin tinggi angkanya semakin tinggi juga performanya.

Generasi

Setiap variasi merek di kelompokkan berdasarkan generasi atau periode diproduksi. Contohnya Intel Core i7 dari generasi satu sampai dengan ke 11.

Nomer Model

Kode selanjutnya adalah nomer model atau SKU dari masing – masing procesor.

Huruf Terakhir

Kode terakhir menggambarkan fitur spesifik dari processor Intel. Misalnya :

  • G7 menunjukkan level grafis pada processor.
  • F berarti tidak ada GPU.
  • H berarti performa tinggi.
  • K berarti processor unlock.
  • T berarti komputer dengan konsumsi power rendah misalnya Desktop All in One
  • U berarti untuk komputer dengan hemat daya misalnya laptop
  • S berarti processor edisi spesial

Setiap processor Intel memiliki spesifikasi yang bisa dilihat dari penamaannya. Setiap generasi memiliki performa yang berbeda dari generasi sebelumnya. Jika anda membeli komputer atau laptop bekas maka sangat penting memperhatikan spesifikasi dari processor ini. Walaupun satu tipe misalnya Intel Core i5 memiliki harga yang jauh berbeda untuk generasi yang berbeda.

Baca juga :

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Info Ditandai

Cara Mengatasi Masalah Share Screen Zoom

Masalah umum yang sering dihadapi terkait dengan share screen menggunakan Zoom Meeting adalah tampilan presentasi tidak muncul di layar Zoom Meeting. Penyebab tidak munculnya tampilan presentasi dari aplikasi power point biasanya adalah karena kesalahan urutan ketika akan share screen. Cara share screen pada aplikasi Zoom Meeting :

  • Pertama buka terlebih dahulu file presentasi menggunakan aplikasi seperti Microsoft Power Point atau Google Slide.
  • Pilih menu Share Screen dari aplikasi zoom
  • Pilih tampilan yang akan di share. Pastikan tampilan yang di share adalah tampilan presentasi dari aplikasi yang digunakan.

Pastikan anda selalu meng-update aplikasi zoom meetting karena karena bisa saja tidak bisa share screen karena ada bug pada aplikasi lama. Untuk mempermudah melakukan presentasi lebih baik menggunakan monitor eksternal atau dual monitor.

Cara Langganan Netflix Murah dan Tanpa Kartu Kredit

Netflix adalah layanan streaming favorit saat ini. Banyak sekali film dan serial yang hanya tersedia di Netflix. Harga langganan Netflix mulai dari 54 ribu sampai 186 ribu per bulan belum termasuk biaya internet. Harga terendah hanya bisa menonton hanya dari satu perangkat yaitu smartphone atau tablet. Sementara harga 186 ribu untuk 4 perangkat sekaligus dengan kualitas UHD. Sementara cara pembayaran yang tersedia hanya menggunakan kartu kredit.

Lalu bagaimana cara menikmati Netflix dengan harga yang lebih murah?

Cara langganan Netflix dengan lebih murah adalah dengan berbagi akun dengan teman atau saudara. Satu akun yang untuk perangkat menonton bersamaan dapat dibagi penggunaannya. Setiap pengguna bisa dibuatkan profil berbeda untuk personalisasi tontonan.

Anda juga bisa membeli akun netflix di marketplace seperti Shopee untuk satu bulan. Namun, anda harus memastikan akun tersebut legal. Sebaiknya pilih akun yang private sharing untuk mendapat satu profil. Masalah pada akun sharing ini biasanya satu akun dengan banyak pengguna yang melakukan streaming sekaligus.

Cara Mengatasi Masalah Mic Zoom Meeting

Secara umum, masalah audio atau suara pada saat Zoom adalah :

  • Anda tidak dapat mendengar suara orang lain dan suara anda tidak didengar.
  • Anda dapat mendengar suara orang lain dan orang lain tidak tidak mendengar suara anda.
  • Anda tidak mendengar suara orang lain tetapi suara anda bisa didengar.

Berikut adalah beberapa penyebab masalah audio pada Zoom Meeting dan cara mengatasinya :

  1. Jika anda tidak mendengar suara orang lain dan suara anda tidak didengar kemungkinan anda belum join audio. Cara joiin audio adalah dengan klik join audio dan Join With Computer Audio.

2. Jika komputer atau laptop anda terhubung dengan lebih dari satu mic, maka pastikan anda memilih mic yang benar. Cara pilih mic pada Zoom ada dengan klik tanda panah di samping gambar mic dan pilih yang bisa dipakai.

Cara Streaming Zoom Meeting ke Youtube atau Facebook

Pengunaan aplikasi video conference sepertti Zoom dan Google Meet sudah menjadi keseharian bagi pekerja kantoran dan pembelajaran di sekolah. Banyak pelatihan atau sosialisasi memanfaatkan Zoom Meeting atau webinar yang melibatkan banyak orang yang terkadang tidak cukup hanya menggunakan aplikasi Zoom Meeting tetapi harus menggunakan Streaming Youtube atau Facebook. Berikut alasan kenapa perlu menggunakan streaming untuk Zoom Meeting :

  • Peserta lebih dari 100 sementara lisensi akun kita maksimal 100 peserta.
  • Tidak memerlukan interaksi secara langsung dengan semua peserta.
  • Untuk dokumentasi tidak perlu merekam ke komputer atau cloud karena akan secara otomatis tersimpan di Youtube.

Bagi yang menggunakan akun Zoom berbayar, berikut adalah cara streaming Zoom meeting ke Youtube atau Facebook :

  1. Masuk ke akun Zoom melalui browser dengan alamat http://zoom.us lalu pilih Settings pilih In Meeting (Advanced)
  2. Lalu centang Facebook dan Youtube pada menu Allow livestreaming of meetings
  3. Masuk ke aplikasi Zoom maka akan ada menu More dan Live On Youtube dan Live on Facebook.
  4. Selanjutnya login menggunakan akun Youtube atau Facebook yang akan digunakan untuk streaming

Namun bagi anda yang menggunakan akun Zoom gratis atau hanya peserta dan bukan host dari meeting maka cara streaming Zoom Meeting harus menggunakan aplikasi tambahan. Berikut adalah cara live streaming Zoom Meeting ke Youtube dengan OBS :

  • Gunakan aplikasi perekam layar sekaligus streaming seperti OBS.
  • Pada aplikasi OBS pada menu source pilih Display capture dan pilih layar Zoom Meeting yang akan di streaming
  • Pilih service Streaming di OBS pada menu Setting – Stream dan Copy Stream Key yang muncul
  • Masuk ke akun Youtube yang akan digunakan streaming dan masukkan masukkan stream key dari OBS

Baca juga :

Iconnet : Layanan Internet dari PLN

Layanan internet dari anak perusahaan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) yaitu Icon+ yang sebelumnya memiliki paket internet rumah bernama Stroomnet kini berubah menjadi Iconnet. Iconnet adalah layanan internet melalui kabel fiber oftik sampai ke rumah – rumah atau Fiber To The Home (FTTH).

Ketersediaan operator layanan internet menggunakan kabel fiber oftik pada masing – masing daerah berbeda. Di kota besar pilihan layanan internet biasanya cukup banyak. Kita bisa melihat dari tiang – tiang dan kabel drop core yang terbentang di jalan raya. Lebih banyak ada penyedia jasa internet ini tentu lebih baik karena kita bisa memilih operator dengan pelayan terbaik. Namun di desa yang jauh dari kota, layanan internet fiber optik semakin sedikit. Bahkan banyak desa yang belum mendapat layanan internet FO ini dan masih menggunakan internet berbasis wireless dan satelit.

Sebagai contoh saya tinggal Singaraja, Kabupaten Buleleng – Bali, layanan internet fiber optik yang tersedia adalah Indihome dan Biznet. Indihome dari Telkom memiliki jaringan yang paling memiliki cakupan jaringan yang paling luas namun belum juga menjangkau seluruh desa yang ada.

Alasan memilih operator layanan internet antara lain :

  • Harga per megabit,
  • Layanan ketika ada gangguan,
  • Adanya kuota penggunaan data,
  • Adanya paket tambahan seperti IP TV. Menarik juga kalau ada operator yang memberikan paket bundling dengan layanan streaming seperti Netflix atau Amazon Prime.

Iconnet menawarkan paket harga terendah untuk 10 Mbps sama seperti Indihome. Sementara Biznet paket terendahnya memiliki kecepatan Up To 85 Mbps. Sebenarnya untuk rumah dengan jumlah gadget sampai 5 perangkat dan menggunakan internet untuk bekerja atau belajar dari rumah maupun untuk hiburan seperti smart tv, 10 Mbps saja sudah cukup. Namun, jika rumah anda perangkatnya lebih dari 5 dan untuk streaming video dengan kualitas HD maka diperlukan layanan internet minimal 50 Mbps.

Iconnet seharusnya lebih cepat menjangkau daerah pedesaan karena menggunakan tiang listrik yang sudah ada untuk menyalurkan kabel fiber optiknya. Jika anda tertarik berlangganan layanan internet dari PLN ini, maka anda bisa mengecek coverage area jaringan di daerah anda disini atau download aplikasi PLN Mobile di Playstore.

Exit mobile version