Kelebihan dan Kekurangan Laptop Chromebook

Chromebook Samsung

Chromebook adalah laptop yang memiliki sistem operasi Chrome OS. Bagi pengguna laptop atau komputer yang lebih sering menggunakan browser dan terkoneksi internet, maka menggunakan Chromebook sudah cukup.

Chrome OS adalah sistem operasi dari Google untuk memfasilitasi pengguna yang belajar atau bekerja mengandalkan koneksi internet. Di Indonesia pengguna Chrome OS jauh lebih sedikit daripada pengguna Microsoft.

Sistem operasi Chrome OS ini menjadi standar untuk laptop merah putih untuk digunakan oleh pelajar dan para guru.

Berikut kelebihan dari Chromebook :

  1. Harga Lebih Murah. Kebanyakan Chromebook menggunakan processor yang tidak terlalu kencang sehingga harganya lebih murah.
  2. Booting lebih cepat. Chrome OS memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan dengan Windows maupun Linux. Waktu untuk start Chromebook sangat cepat.
  3. Ringkas dan Ringan. Chromebook umumnya memiliki ukuran kecil dan ringan sehingga mudah dibawa kemana mana.

Berikut kekurangan dari Chromebook :

  1. Aplikasi Terbatas. Chromebook tidak bisa untuk install aplikasi seperti Adobe Photoshop atau Microsoft Office. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word tentu harus membiasakan diri menggunakan Google Doc.
  2. Harus Selalu Terkoneksi Internet. Chromebook akan berfungsi secara optimal jika terhubung ke internet. Oleh karena itu bagi pengguna Chromebook harus selalu terkoneksi.

Chromebook cocok digunakan oleh pelajar SD atau SMP untuk sekedar belajar dari rumah.

Baca juga :

Cara Cek Spesifikasi Lengkap Laptop Chromebook

Laptop Chromebook menjadi populer karena adanya pengadaan laptop untuk anak sekolah selama pandemi. Laptop dengan sistem operasi Chrome OS ini memang sedikit berbeda bagj yang terbiasa menggunakan laptop berbasis Microsoft Windows. Hampir seluruh aktifitas pada Chromebook dilakukan pada browser Google Chrome sesuai dengan namanya.

Berikut adalah cara cek spesifikasi Chromebook seperti Processor, memory RAM, penyimpanan dan lain – lain :

1. Buka aplikasi Google Chrome.

2. Ketikkan alamat : Chrome://system lalu enter.

3. Untuk melihat detail Processor pilih Cpuinfo, untuk melihat RAM pilih Meminfo

Untuk melihat sisa penyimpanan bisa juga dilihat di menu Setting – Perangkat – Media Penyimpanan

Cara membuat dan mengolah file Word atau Excell pada ChromeBook.

Baca juga :

Xiaomi RedmiBook 15 : Laptop Keren Harga Terjangkau

Akhirnya Xiaomi secara resmi mengeluarkan laptopnya di Indonesia. Layaknya handphone seri Redmi yang hadir dengan spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau, Redmibook 15 ini juga hadir dengan spesifikasi yang cukup untuk bekerja dari rumah (WFH) atau belajar dari rumah (SFH)

Dari segi desain, laptop ini terlihat mirip dengan Mac Book. Simple dan enak dilihat. Built quality sesuai dengan standar produk – produk dari Xiaomi, solid dan tidak murahan.

Laptop ini akan bersaing dengan merek – merek laptop yang sudah umum dipakai masyarakat Indonesia misalnya, Acer, Asus, HP, Dell dan Lenovo. Atau dengan merek lokal seperti Zyrex.

Namun kalau dilihat dari Sfesifikasi dan harga yang ditawarkan RedmiBook 15 bisa dikatakan menang banyak bahkan jika dibandingkan dengan Laptop terbaru dari Huawei Mate

Procesor Intel Core I 3 Generasi ke 11, RAM 8 GB, SSD 256, Webcam dan speaker yang jernih sudah sangat cukup dipakai bekerja dan belajar menggunakan Zoom Meeting atau Google Meet.

Amazfit GTS 2 Mini : Smartwatch Tampilan Cantik dan Fitur Lengkap

Amazfit adalah produsen jam tangan pintar dengan kualitas bagus dan harga terjangkau. Smartwatch dari Amazfit juga memiliki built quality yang baik dan yang paling penting adalah daya tahan baterai yang lama sampai dengan 1 bulan untuk sekali charge.

Amazfit GTS 2 Mini sangat cocok digunakan oleh wanita karena bentuknya kecil dan warna yang terang. Bahkan dilengkapi dengan aplikasi untuk mengetahui siklus menstruasi bulanan. Kelebihan dari smartwatch ini adalah menggunakan layar Amoled yang yang jernih dan sudah disediakan tampilan jam yang bagus – bagus.

Walaupun mini namun dari segi fitur, Amazfit GTS Mini memiliki hampir semua fitur yang diperlukan oleh pengguna smartwatch saat ini seperti, pengukur detak jantung, pengukur saturasi oksigen (SP02), mode olahraga, pengontrol musik bahkan sudah dilengkapi dengan, microphone untuk Alexa.

Kalau sebelumnya Amazfit menggunakan aplikasi Mi fit untuk terkoneksi ke smartphone, kini Amazfit sudah menggunakan aplikasi bernama Zepp App.

Penggunaan Green Screen untuk Zoom Meeting

Penggunaan latar belakang ketika melalukan video conference Zoom atau Google Meet adalah solusi ketika tempat kita kurang bagus. Zoom menyediakan fasilitas untuk mengganti latar belakang menggunakan gambar atau video.

Cara mengganti latar belakang zoom meeting :

1. Klik tanda panah disamping menu Video.

2. Pilih video background

3. Pilih gambar atau video yang tersedia

Jika anda memiliki green screen atau layar hijau, centang I have green screen.

Penggunaan green screen membuat latar belakang dan video kita menjadi lebih natural dibandingkan hanya menggunakan aplikasi.

Berikut adalah situs yang menyediakan background untuk zoom baik gambar maupun video :

1. Videvo, tersedia backgroud video untuk Zoom Meeting dengan kualitas bagus dan dapat diunduh dengan gratis

2. Canva, adalah aplikasi desain grafis berbasis cloud namun juga menyediakan latar belakang gambar dan video yang bisa diunduh.

Cara Menonton Mola TV pada Smart TV

Mola TV adalah layanan streaming dengan konten film maupun siaran yang menarik. Beberapa waktu lalu banyak yang berlangganan karena memiliki hak siar piala eropa.

Harga langganan Mola TV relatif murah dibandingkan dengan Netflix, Disney Hostar danPrime Video.

Masalahnya adalah Mola TV hanya bisa ditonton melalui browser, aplikasi Android dan set up box Polytron. Mola TV tidak bisa diinstall pada Smart TV maupun Android TV selain merek Polytron.

Cara untuk bisa menonton Mola TV pada Smart TV seperti pada Xiaomi Smart TV adalah melaui Browser. Pilih Browser yang mudah dioperasikan menggunakan remote control. Puffin Browser adalah salah satu browser yang paling mudah digunakan pada Android TV.

Anda bisa juga menginstall browser Google Chrome pada beberapa Android TV.

Pilih Bluetooth Earphone Untuk Zoom Meeting

Terkadang kita harus mengikuti video conference dari ruangan yang sama dan mengharuskan menggunakan headseat atau earphone agar tidak ada suara dengung atau feedback.

Mengikuti Zoom Meeting atau Webinar menggunakan Wireless earbud berarti kita bisa lebih bebas melakukan kegiatan lain. Jangkauan earphone atau earbud bluetooth sekitar 10 meter. Zoom Meeting menggunakan komputer atau handhone yang tersambung melalui bluetooth juga tidak mengganggu orang lain seperti halnya menggunakan speaker.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih earphone untuk Zoom Meeting :

  1. Daya tahan Baterai. Daya tahan baterai earphone bluetooth minimal adalah 4 jam.
  2. Kenyamanan. Fitur umum pada earphone yang seharusnya ada adalah Noise Canceling untuk mengurangi bising di sekitar. Karena biasanya kegiatan video conference sering terganggu karena ada suara – suara latar belakang.
  3. Anti Jatuh. Masalah pada earphone bluetooth adahal mudah jatuh. Oleh karena itu fitur ini wajib ada.

Beberapa pilihan earphone bluetooth :

  1. Jabra Elite 65
  2. Baseus
  3. Xiaomi

Pilih Server HCI

Hyper Converged Infrastructure (HCI) adalah penggabungan infrastruktur data center seperti penyimpanan,virtualisasi dan jaringan dalam satu perangkat atau server. Seluruh sumber daya dalam server seperti CPU, RAM dan Storage dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dari aplikasi.

HCI hadir untuk menggantikan kompleksitas konfigurasi server tradisional. HCI umumnya sudah terintegrasi dengan perangkat lunak virtualisasi sehingga memudahkan dalam membuat konfigurasi server sesuai kebutuhan. Sebelumnya, instansi pemerintah atau organisasi yang mengelola aplikasi membeli sebuah server kemudian dikonfigurasi agar bisa diakses publik. Atau bisa juga dengan sewa hosting atau Virtual Private Server (VPS) pada penyedia jasa hosting.

Keterbatasan dari mengkonfigurasi server sendiri adalah sulitnya mengelola kebutuhan resources server sesuai dengan kebutuhan dari aplikasi. Sementara kekurangan dari dari sewa hosting adalah masalah keamanan data dari aplikasi.

Untuk mengatasi keterbatasan tersebut maka muncul layanan komputasi berbasis cloud seperti Amazon Web Service (AWS), Alibaba Cloud, Google Cloud dan lain – lain. Solusi dari layanan cloud ini adalah kemudah konfigurasi server sesuai kebutuhan. Namun masalah keamanan data masih diragukan karena kita tidak tahu lokasi fisik dari server cloud tersebut.

Solusi selanjutanya adalah membuat private cloud sendiri, yaitu dengan membeli server kemudian diinstall perangkat lunak virtualisasi lalu baru diinstall sistem operasi sesuai dengan kebutuhan aplikasi.

Proses instalasi virtualisasi dari jaringan yang kompleks menjadi masalah tersendiri bagi instan pengelola server atau data center yang memiliki sumber daya manusia yang terbatas. Karena hal itu ada solusi server virtualisasi yang bisa dikonfigurasi dengan dengan singkat.

Ini adalah produk server HCI :

  1. Nutanix
  2. Sangfor
  3. HPE Simplivity
  4. Cisco HyperFlex

Review Wifi Akses Point Ruijie RG-AP710

Ruijie merupakan produsen perangkat jaringan yang menjual perangkat dengan beragam fitur dan harga yang terjangkau. Salah satu wireless akses poin untuk ruangan kecil hingga menengah adalah Ruijie RG-AP710. Wifi akses poin ini memiliki bentuk yang simpel yang bisa ditempel di tembok atau diatas plafon dengan mudah.

Sudah mendukung sampai dengan wifi 5 atau AC dan belum support WiFi 6. Cara settingnya sangat mudah bisa difungsikan sebagai wifi bridge, router bahkan bisa di manage dengan cloud.

Dari hasil test menggunakan handphone bisa mendapat kecepatan internet sampai 200 Mbps pada frekuensi 5 Ghz. Masalah umum dari wireless akses poin adalah internet menjadi tidak stabil atau putus – putus ketika diakses oleh banyak perangkat dan adanya interferensi dari akses poin lain yang menggunakan frekuensi dan channel yang sama. Ruijie RG-AP ini masih stabil ketika diakses oleh lebih dari 30 perangkat.

Soal harga, jika dibandingkan dengan produk sejenis misalnya Ubiquity Uniti, Ruijie menawarkan harga lebih murah.

Baca juga :

  1. Alasan Ganti Router WiFi 6
  2. Review Xiaomi MI Router 4A Gigabit Edition
Exit mobile version