Pilih Browser untuk Android TV

Ada kalanya kita membutuhkan tambahan browser untuk mengakses layanan yang tidak di desain untuk Smart TV atau Android TV. Untuk itu kita membutuhkan tambahan browser yang mudah digunakan pada smart TV. Kita bisa menginstall Google Chrome pada Android TV.

Namun Google Chrome yang diinstall melalui APK ini tidak kompetibel dengan beberapa TV sehingga penggunaanya relatif susah. Alternatif lain adalah menginstal browser yang memang di desain untuk Android TV seperti Puffin Browser.

Browser ini penggunaan sangat mudah walaupun hanya menggunakan remote. Sudah dicoba menggunakan untuk menonton Masterchef melalui RCTI plus pada Xiaomi TV dan berjalan dengan lancar.

Cara Menginstall Browser Google Chrome pada Mi TV

Walaupun Xiaomi Mi TV menggunakan sistem operasi Android yang dilengkapi dengan Google Playstore sehingga sangat mudah dalam menambah aplikasi, namun tidak semua aplikasi bisa diinstall pada smart TV. Misalnya kita ingin menambahkan browser agar bisa browsing atau streaming dari website, maka kita tidak bisa langsung melakukan instalasi Google Chrome melalui Playstore.

Berikut cara instalasi browser Google Chrome pada Xiaomi Android TV :

  1. Download APK Google Chrome untuk Android TV disini
  2. Install Aplikasi Sent Files to TV pada HP atau Smartphone. Pastikan Smartphone dan Smart TV berada pada jaringan atau WiFi yang sama.
  3. Buka aplikasi Sent Files to TV pada HP dan pilih Sent lalu pilih APK yang sudah di download.
  4. Buka aplikasi Sent Files to TV di TV lalu pilih Receive.
  5. Install aplikasi Google Chrome

Selain untuk install browser, cara ini bisa juga aplikasi lain yang tidak ada pada Playstore di TV. Namun tidak semua APK kompetibel dengan Android TV.

Alternatif browser untuk Android TV adalah Puffin Browser. Browser ini memang dibuat khusus untuk Smart TV sehingga mudah dioperasikan dengan remote control tanpa harus pasang keyboard atau mouse.

Baca juga :

  1. Cara menonton Mola TV di Smart TV atau Android TV
Exit mobile version