Cara Mengatasi Samsung Smart TV tidak bisa Input HDMI

Permasalahan tidak bisa menghubungkan perangkat laptop melalui kabel HDMI terjadi pada TV Samsung Smart TV ukuran 42 Inch.

Setelah kabel disambungkan muncul tampilan sumber tidak dikenal dan tanda icon power.

Setelah mencoba menghubungkan perangkat lain, mencoba me restart TV, mencoba port lain, mengganti kabel HDMI ternyata menyelesaikan masalah. Perkiraan kerusakan ada pada port HDMI.

Masalah teratasi setelah mengganti kabel HDMI dengan kualitas lebih baik. Ternyata TV Samsung ini memerlukan kabel HDMI dengan kualitas bagus terutama untuk panjang lebih dari 1 meter.

Rekomendasi merek kabel HDMI dengan kualitas bagus adalah Baseus dan Vention

Zorin OS Lite : Distro Ubuntu untuk Komputer Jadul

Mempunyai komputer atau laptop dengan spesifikasi proccesor dan memory RAM kecil memang sulit untuk mengistal sistem operasi terbaru seperti Microsoft Windows 10.

Saya memiliki laptop lama Netbook HP Mini 110 dengan spesifikasi processor Intel Atom 1,5 Ghz, memori RAM 1 Ghz dan Harddisk 320 Gb. Walaupun bisa diinstal dengan Windows 7 namun jika digunakan untuk akses internet menggunakan browser Google Chrome maupun Mozila Firefox menjadi sangat lambat.

Salah satu solusi untuk bisa memanfaatkan komputer atau laptop jadul menjadi lebih cepat adalah menggunakan sistem operasi yang ringan. Dari sekian banyak distribusi Linux, Zorin OS Lite bisa dipilih untuk digunakan. Zorin OS memiliki tampilan yang bersih berbasis XFCE.

Download Zorin OS

PAM 8610 : Amplifier Terkecil dengan Suara Jelas

Salah satu amplifier rakitan paling sederhana yang bisa bisa dirakit adalah mengunakan IC PAM 8610. Amplifier ini bisa menggunakan power supply atau adaptor 12 Volt 1 Ampere yang bisa dirakit sendiri atau menggunakan yang sudah jadi.

Suara yang dihasilkan oleh amplifier ini adalah 2 x 15 Watt yang cukup untuk speaker 2 sampai 4 Inch. Walaupun kekuatan bass tidak terlalu rendah namun suaranya cukup jernih.

Anda bisa membeli kit amplifier yang sudah di solder tinggal dihubungkan dengan speaker dan adaptor.

Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Usaha Penyedia Jaringan Internet

Kebutuhan akan koneksi internet yang stabil dan tanpa kuota di rumah – rumah semakin meningkat di masa pandemi. Penyedia jasa internet atau ISP besar yang ada di Indonesia seperti Telkom, Biznet, Indosat, Xl Home, CBN belum bisa menjangkau kebutuhan internet sampai ke pedesaan terkendala infrastruktur jaringan.

Hal ini membuka peluang bagi masyarakat untuk membuka usaha penyediaan koneksi internet yang terjangkau bagi masyarakat. Lalu hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuka usah internet ini? Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat usaha penyediaan jaringan internet selain modal dan kemampuan teknis :

  1. Legalitas

Penyediaan akses internet atau telekomunikasi diatur oleh beberapa regulasi. Izin untuk penyediaan jasa telekomunikasi dikeluarkan oleh pemerintah pusat bukan oleh pemerintah daerah. Namun jika anda ingin menjual kembali koneksi internet, sebaiknya bergabung dan menjadi reseller dari ISP yang memiliki ijin dan tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

2. Perangkat Jaringan

Secara umum ada dua metode akses internet yang bisa digunakan, yaitu dengan kabel dan tanpa kabel (Wireless). Untuk jarak dekat atau perumahan bisa menggunakan kabel UTP atau Fiber Optik. Untuk jarak jauh bisa menggunakan radio wireless dengan frekuensi yang bebas digunakan yaitu 2,4 GHz dan 5,8 GHz. Perlu diperhatikan jika menggunakan frekuensi 5,8 GHz untuk memperhatikan batas frekuensi yang boleh digunakan sesuai dengan Permen Kominfo No 1 2019.

Tes DNA untuk Mengetahui Silsilah Leluhur

Bagi orang Bali, mengetahui silsilah leluhur adalah sangat penting. Pencairan silsilah leluhur umumnya menggunakan prasasti, babad atau catatan daun lontar selain dengan bantuan orang pintar. Menurut kepercayaan ada banyak kesulitan hidup atau penyakit yang disebabkan karena tidak ingat dengan leluhur.

Karena tanpa adanya bukti ilmiah, pengetahuan tentang silsilah ini masih menurut mengikuti kepercayaan dan kesepakatan masing – masing orang. Selain itu pengetahuan tantang leluhur ini terbatas pada beberapa abad terdahulu saja, sehingga di Bali dikenal dengan beberapa kelompok klan atau garis keturunan.

Dengan adanya perkembangan teknologi maka cara untuk mengetahui asala leluhur kita adalah menggunakan test DNA.

23andMe

Salah satu penyedia jasa test DNA secara online adalah 23andMe. Harga tes DNA 23andMe mulai dari $99. Kita hanya perlu mengirim ludah kita untuk di test. Setelah order selesai maka akan dikirimkan tes kit untuk menyimpan ludah kita lalu dikirim kembali. Hasil tes akan diterima kurang lebih 6 sampai 8 minggu.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Hobi Ditandai

Review Xiaomi MI Router 4A Gigabit Edition

Kebutuhan akses internet WiFi yang stabil untuk di rumah atau kantor membutuhkan perangkat akses poin yang handal. Karena terkadang koneksi internet dari ISP sudah sesuai dengan spesifikasi langganan namun sampai ke perangkat lambat atau putus – putus. Kemungkinan masalah ada pada router akses poin yang digunakan. Anda perlu meng-upgrade akses poin yang digunakan.

Mi Router 4A Gigabit Edition

Xiaomi sudah mengeluarkan jajaran akses poin yang dapat di pilih sesuai kebutuhan. Jika anda memiliki langganan internet lebih dari 100 Mbps, maka sebaiknya pilih akses poin yang mendukung koneksi gigabit.

Berikut beberapa keunggulan Mi Router 4A Gigabit Edition:
1. Mendukung integrasi dual-band dengan menggabungkan 2,4 GHz dan 5 GHz band menjadi satu Wi-Fi dan tidak saling interferensi. Dari hasil pengujian jika perangkat sudah mendukung frekuensi 5 Ghz maka kecepatan internetnya jauh lebih tinggi daripada 2,4 Ghz.
2. Dilengkapi dengan 4 antena dengan gain tinggi untuk sinyal wireless, sehingga memiliki efek menembus dinding yang lebih baik.
3. Mendukung IPv6
4. Mempunyai jalur LAN 1Gbps.
5. Memiliki kemampuan untuk menangani 128 perangkat.

Dari segi desain, akses poin ini tergolong mungil dengan built quality standar Xiaomi yang cukup kokoh. Instalasi mudah dengan menu yang mudah dipahami walaupun memiliki pengetahuan IT terbatas. Bisa mengontrol pengguna, membatasi penggunaan bandwidth dan memantau pengguna menggunakan aplikasi atau browser.

Kelebihan lain dari Xiaomi Router ini adalah bisa diakses dan dikontrol melalui aplikasi MiWifi yang tersedia Playstore. Penggunaan aplikasi Android labih mudah karena tidak perlu memasukkan password dan tampilannya lebih bagus.

Kesimpulan.

Dengan harga kurang dari 300 ribu, akses poin ini sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan akses WiFi di rumah atau kantor kecil dengan jumlah perangkat sampai 20 buah. Dari hasil speed test, jika mengunakan frekuensi 5 Ghz tembus sampai 200 Mbps, sementara menggunakan merek lain dengan harga kurang lebih sama, tidak samapi 50 Mbps.

Beli MI Router 4A Gigabit Edition di Jakmall

Baca juga :

Memilih Mikrofon dan Speaker untuk Zoom Meeting

Video conference sudah menjadi kegiatan rutin di kantor – kantor pemerintah maupun swasta saat ini. Zoom masih menjadi aplikasi yang umum digunakan. Agar rapat atau sosialisasi online berjalan lancar, diperlukan perangkat audio yang berkualitas.

Untuk ruang vicon yang besar bisa menggunakan perangkat sound system yang terdiri dari mikrofon, speaker dan mixer audio.

Untuk rapat kecil dalam satu meja yang melibatkan lebih dari 2 orang dalam satu ruangan, menggunakan mikrofon dan speaker dari Laptop tidak cukup. Untuk itu diperlukan peralatan tambahan agar audio tidak menjadi halangan.

Poly Sync 20

Salah satu pilihan peralatan audio untuk vicon yang mudah digunakan adalah Poly Sync 2. Speakerphone ini mudah dipasang dan dikonfigurasi menggunakan kabel USB atau Bluetooth.

Poly Sync 20 dilengkapi dengan Smart Microphone yang dapat mengurangi noise suara dari luar. Dilengkapi juga dengan baterai yang tahan sampai dengan 20 jam.

Beli Poly Sync 2 di Bhineka.

Bagaimana Cara Menikmati Koneksi Internet Starlink dari Indonesia?

Starlink merupakan layanan koneksi internet melalui satelit yang dikembangkan oleh perusahaan milik Elon Musk yaitu Space X. Starlink diklaim memberikan koneksi internet dengan latency rendah sampai dengan ke pedesaan atau pedalaman yang tak dijangkau oleh koneksi broadband seperti fiber optik. Latency yang kecil dibutuhkan untuk video conference atau streaming game.

Sebagai negara kepulauan, koneksi internet untuk pulau – pulau terpencil selalu menjadi masalah. Beberapa perusahaan sebenarnya telah menawarkan koneksi internet via satelit, namun harga per Mbps-nya relatif mahal dan masih menggunakan kuota penggunaan data.

Starlink menawarkan koneksi internet via satelit dengan perangkat antena parabola mini dan bisa dipasang sendiri. Kecepatan yang ditawarkan adalah 50 sampai 100 Mbps. Kecepatan ini sudah sangat cukup untuk satu rumah dengan jumlah perangkat sampai 10 buah.

Jika anda berminat mencoba koneksi internet Starlink, anda bisa langsung mendaftar ke webiste nya yaitu https://www.starlink.com/ dengan memasukkan alamat email dan alamat rumah. Layanan Starlink untuk daerah Indonesia rencananya sudah bisa diakses mulai tahun 2022.

Exit mobile version