Cara Melihat Pengguna dan Mengganti Password Wifi Indihome

Pengguna layanan internet rumah seperti Indihome sering mengeluh karena koneksi internetnya lambat. Beberapa faktor yang menyebabkan koneksi intert wifi di rumah menjadi lambat antara lain, pengguna terlalu banyak, gangguan perangkat atau jaringan dari telkom.

Untuk memastikan wifi rumah kita tidak digunakan orang lain atau password wifi kita bocor, kita harus cek pengguna yang masuk. Berikut adalah cara melihat pengguna atau pemakai wifi Indihome :

Cara melihat jumlah pengguna WiFi Indihome

Cara mengetahui jumlah pengguna wifi Indihome atau berapa banyak perangkat yang terhubung ke Router Wifi Indihome caranya adalah masukkan alamat pada browser 192.168.1.1, masukkan username :user dan password : user. Pilih Network > LAN > Dhcp Server. Pada menu Allocated Address akan terlihat jumlah perangkat yang terhubung ke Router.

Cara mengganti password WiFi Indihome

Jika pada menu diatas ada perangkat yang tidak dikenal, kemungkinan password wifi kita bocor sehingga dipakai tetangga sekitar. Cara mengganti password wifi indihome adalah Pilih Network > WLAN > Security lalu ganti password pada WPA Passphrase.

Catatan : Konfigurasi ini untuk router atau ONT dengan merek ZTE F609. Kemungkinan Indihome menggunakan Router dengan merek berbeda sehingga setting-nya sedikit berbeda.

Baca juga :

Cara Merekam Video Zoom Meeting atau Webinar

Penggunaan Zoom Meeting dan Webinar untuk berbagai acara seperti pendidikan, perkantoran dan bisnis. Dengan banyaknya agenda Zoom Meeting atau Webinar yang kita ikuti terkadang acaranya berlangsung dalam waktu yang bersamaan. Terkadang kita tidak bisa mengikuti acara webinar yang bagus karena gangguan dari lingkungan. Karena tidak semua Webinar disiarkan langung melaui Youtube atau Facebook, kita membutuhkan file video rekaman dari Zoom Meeting atau Webinar.

Berikut adalah berbagai cara merekam video Zoom Meeting :

  1. Merekam Video Langsung dari Aplikasi Zoom

Secara default, host bisa merekam video ketika meeting sedang berlangsung. Pada Zoom yang berlisensi, ada pilihan untuk merekam lokal di komputer atau disimpan di cloud.

Peserta dapat merekam video pada aplikasi Zoom hanya jika mendapat izin dari host. Jika tidak mendapat izin untuk merekam video lewat aplikasi Zoom maka bisa merekam dengan cara lain.

2. Merekam Video Zoom dengan OBS

Selain untuk keperluan video streaming, dapat menggunakan aplikasi OBS untuk merekam video dari perangkat video input atau dari layar monitor. Cara merekam Zoom dengan OBS: pilih Source > Display Capture lalu pilih Start Recording. Untuk melihat file hasil rekaman pilih File > Setting > Output > Recording. File video hasil rekaman juga bisa dipilih seperti flv,mov atau mkv.

3. Merekam Video Video Zoom dengan Aplikasi Video Editor

Selain OBS, untuk merekam video Zoom Meeting atau Webinar bisa juga menggunakan aplikasi editor video seperti Wondershare Filmora. Cara merekam layar desktop menggunakan Filmora adalah File > Record Media > Record PC Screen.

Baca juga :

Inspirasi Kolam Koi Minimalis

Kolam ikan koi bergaya minimalis sangat cocok bagi anda yang memiliki lahan sempit atau terbatas. Berbeda dengan gaya natural atau alami, kolam ini memiliki bentuk desain persegi dengan finishing batu alam.

Komponen pada kolam koi minimalis :

1. Chamber filter. Jumlah chamber pada kolam koi adalah 3 buah yaitu mekanis, biologis dan kimia. Ukuran chamber ideal adalah sepertiga dari total luas kolam.

2. Pancuran atau air terjun. Selain untuk keindahan kolam, pancuran pada kolam koi juga berfungsi untuk menambah kadar oksigen terlarut dalam air. Ketinggian air terjun ini sebaiknya tidak lebih dari 30 cm agar tidak menghasilkan buih.

3. Pompa. Dengan tidak adanya tanaman air, untuk menjaga kesehatan air kolam ini memerlukan pompa dengan kemampuan yang memadai.

Ganti Hard Disk, Pilih SSD atau HDD?

Media penyimpanan data pada laptop atau komputer adalah yang paling sering mengalami kerusakan atau kekurangan kapasitas. Ketika kita harus mengganti atau meng-upgrade penyimpanan laptop karena sudah penuh atau rusak, maka pilihan yang tersedia di pasaran adalah HDD dan SSD.

Apa itu HDD?

Hard Disk Drive (HDD) adalah media media penyimpanan data yang menggunakan metode perputaran disk atau cakram. Perputaran cakram ini membuat suara berisik ketika mengakses data.

HDD umum digunakan untuk menyimpan sistem operasi dan program aplikasi pada komputer atau laptop.

Apa itu SSD?

Solid State Drive (SSD) adalah media penyimpanan tanpa adanya pergerakan dan hanya menggunakan NAND flash chip memory layaknya flash disk. SSD dengan SATA III memiliki kecepatan transfer data 550 Mbps, sementara HDD adalah 125 Mbps.

Kesimpulan

Harga kapasitas HDD per MB lebih murah dibandingkan SSD. Pertama, jika anda membutuhkan penyimpanan yang besar dan jarang diakses sebaiknya pilih HDD. Kedua, jika anda membutuhkan akses data yang cepat, seperti untuk booting sistem operasi/ game, suara yang lebih senyap, SSD adalah solusinya.

Cara ganti hardisk laptop ke ke SSD adalah dengan melepas HDD yang menggunakan koneksi SATA.

Kedua, jika anda ingin ganti harddisk laptop yang rusak, sebaiknya memilih SSD karena walaupun kapasitasnya lebih kecil dibandingkan dengan HDD namun kecepatan booting komputer dengan SSD akan jauh lebih cepat.

Inspirasi Kolam Koi Natural

Pandemi membuat kegiatan bekerja dan belajar dari rumah. Kolam membuat suasana rumah lebih segar dan alami. Suara gemericik air memberikan efek menenangkan.

Kolam Koi Alami

Kelebihan kolam ikan alami

Membuat kolam ikan natural berarti kita membuat ekosistem air di halaman rumah. Selain bertujuan untuk memelihara ikan hias, juga untuk taman air atau akuatik.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kolam koi natural

  1. Dasar kolam menggunakan semen beton atau terpal geomembrane HDPE. Penggunaan geomebran atau plastik UV relatif lebih murah dan lebih cepat proses pengerjaannya dibandingkan menggunakan beton.
  2. Pengaturan sirkulasi air. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan air kolam, diperlukan pompa dan filtrasi sesuai dengan ukuran kolam.
  3. Pilih tanaman air agar terlihat lebih alami dan untuk suplai oksigen bagi ikan. Tanaman air yang bisa dipilih untuk kolam antara lain, apu – apu, enceng gondok, bambu air, teratai dan ganggang

Perbedaan Netflix dan Disney+ Hotstar pada Jaringan Indihome

Pilihan layanan streaming yang dapat dinikmati semakin banyak pilihan. Namun yang paling menarik dari segi konten yang disediakan adalah Netfix dan Disney Plus Hotstar. Pengguna Netflix semakin banyak setelah dapat diakses langsung dari jaringan Telkom tanpa perlu VPN.

Namun walaupun sudah bisa diakses langsung dari jaringan Indihome, ada perbedaan kualitas video antara Netflix dan Disney + Hotstar. Jika diakses melalui aplikasi di smartphone melalui WiFi kedua layanan streaming ini relatif sama dan jarang buffering.

Ketika diakses melalui aplikasi di Smart TV, Netflix lebih sering buffering pada jam – jam tertentu misalnya sore sampai malam. Sementara Disney+ Hotstar jarang terjadi buffering. Test kecepatan internet menggunakan fast.com menunjukkan kecepatan akses ke server Netflix dari jaringan Indihome masih sering turun drastis yang mengakibatkan film terjeda.

Tulisan terkait :

Kelebihan Patchwall pada Xiaomi Smart TV

Xiaomi dikenal dengan produknya dengan harga murah dan kualitas yang baik. Selain smartphone, Xiaomi juga mengeluarkan produk elektronik seperti kamera, cctv, magic com, tv, smart watch dan lain – lain. Xiaomi memiliki built quality yang cukup baik dan tidsk kalah dengan merek lain seperti Samsung atau LG.

Untuk produk televisi, Xiaomi mengeluarkan smart tv dengan ukuran 32, 43 dan Inch dengan harga yang relatif murah. Fitur tv ini juga cukup menarik seperti, berbasis Android, remote bluetooth, built in Chrome cast dan Google Assisten.

Smart TV vs Android TV

Smart TV adalah televisi yang terhubung dengan dengan internet dan dapat diinstal aplikasi sesuai keinginan. Sedangkan Android Tv adalah Smart TV yang menggunakan Android sebagai sistem operasi layaknya pada handphone. Xiaomi menggunakan Android sebagai sistem operasi TV nya namun telah konfigurasi atau disesuaikan dengan nama Patchwall. Layaknya MIUI pada handphone keluaran Xiaomi.

Kelebihan Patchwall

Patchwall memberikan pengalaman menonton televisi yang lebih lengkap dalam satu dashboard. Siaran televisi analog atau digital dengan antena maupun streaming dan konten dari penyedia streaming Netflix, Prime Video, Catchplay, Video dan lain – lain ditampilkan dalam satu dashboard.

Panduan Menjadi Host Zoom Meeting yang Aman

Zoom Meeting dan Webinar semakin sering digunakan di berbagai instansi maupun bidang. Agar acara Zoom Meeting atau Webinar berjalan dengan aman dan lancar maka diperlukan peran host.

Berikut adalah langkah – langkah menjadi host dan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Zoom Meeting sedang berlangsung :

  1. Membuat Jadwal Zoom Meeting

Membuat jadwal Zoom Meeting meliputi mengisi topik, waktu, durasi, ID meeting dan password. Untuk meningkatkan keamanan saat Zoom Meeting, beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

  • Selalu aktifkan Waiting Room
  • Centang “Mute Participant Upon Entry ” agar peserta baru tidak langsung hidup mic-nya
  • Centang ” Only authenticated users can join ” sehingga peserta dipaksa harus login ke Zoom terlebih dahulu.
  • Untuk memverifikasi peserta yang akan ikut, sebaiknya buat formulir registrasi untuk peserta Zoom Meeting atau Webinar

2. Memulai Zoom Meeting

Ketika Zoom Meeting atau Webinar sudah dimulai, berikut hal yang perlu diperhatikan :

  • Pada menu Security – Allow Participants to, hilangkan centang “Share Screen”, hilangkan centang “Mute Themself”

Menghilangkan Warna Hijau pada Kolam Koi

Kolam ikan koi outdoor yang terpapar sinar matahari secara langsung memerlukan penanganan lebih terhadap tumbuhnya alga atau lumut hijau. Walaupun tidak berpengaruh terhadap kesehatan ikan, namun alga hijau ini sangat mengganggu keindahan kolam karena air terlihat keruh.

Alga hijau tidak bisa hilang hanya dengan sistem filtrasi. Cara menghilangkan alga pada kolam paling mudah dengan menggunakan lampu ultra violet (UV).

Penempatan lampu UV tidak boleh langsung di kolam ikan karena bisa menyebabkan ikan buta. Penempatan lampu UV paling baik adalah pada chamber terakhir atau pada chamber pompa

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Hobi Ditandai ,

Cara Setting Audio untuk Webinar lebih Bagus

Cara paling sederhana mengikuti Zoom Meeting atau Webinar adalah menggunakan handphone atau laptop. Audio video perangkat tersebut sudah cukup untuk pengguna perseorangan.

Untuk webinar dengan skala lebih besar dengan pembicara / narasumber ada yang offline dan online maka dibutuhkan pengaturan perangkat audio agar suara yang masuk dan keluar tidak bermasalah.

Perangkat audio Webinar:

  1. Microphone wireless. Microphone wireless membuat peserta lebih leluasa dalam berbicara.
  2. Mixer. Mixer audio berfungsi untuk mengatur suara yang seminar dan peserta webinar. Pengaturan audio pada mixer agar komunikasi dua arah dapat berlangsung dengan baik
  3. Speaker Aktif

Pengaturan audio Webinar :

  1. Pengaturan suara input dan output pada peserta offline bisa diatur seperti sound system biasa, yaitu Microphone – Mixer – Speaker aktif.
  2. Untuk menghubungkan dengan aplikasi Zoom, input pada komputer diambil dari output dari mixer, sementara output speaker dari komputer disambungkan dengan input pada mixer.

Exit mobile version