Friday , 18 August 2017
Home » E-Government » Website Desa Berbasis Sistem Informasi Desa (SID)

Website Desa Berbasis Sistem Informasi Desa (SID)

sid1

Lahirnya Undang – Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa mengharuskan pemerintahan desa juga mengelola sebuah sistem informasi yang berisi tentang data desa, data pembangunan desa, data kawasan perdesaan serta informasi lainnya yang berhubungan dengan desa bersangkutan. Sistem informasi dimaksud harus dapat diakses oleh masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Oleh karena itu sistem informasi yang kelola harus berbasis web. Untuk membuat website desa, banyak platform yang dapat digunakan, misalnya dengan menggunakan cms atau flatform lain seperti Worpress atau Joomla.

Dari segi penamaan domain untuk pemerintah desa sudah diatur oleh Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 5 Tahun 2015 tentang Registrar Nama Domain Instansi Penyelengara Negara, dimana untuk desa diberi aturan penamaan www.namadesa.desa.id.

sid2

Untuk menerapkan Sistem Informasi Desa sekaligus sebagai website resmi pemerintah desa  dapat menggunakan aplikasi SID yang dikembangkan oleh Lumbung Komunitas. Aplikasi ini cukup lengkap disamping untuk informasi desa seperti profil desa, berita, info pengadaan barang dan jasa dan informasi lainnya juga untuk mengelola data kependudukan serta template untuk membuat berbagai macam surat keterangan yang biasa diurus di kantor desa.  Sistem informasi ini akan sangat membantu tugas dan fungsi dari aparatur desa.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

One comment

  1. Mohon maaf sebelumnya, saya ingin memberikan informasi bahwa saat ini sudah ada aplikasi Gratis buatan anak negeri yang khusus dirancang untuk membantu pekerjaan Ketua RT dan keperluan warga. Namanya Kentongan, langsung bisa dicari di google play atau app store.
    referensi bisa ke http://kentongan.org

    atau https://facebook.com/kentongan

    Semoga aplikasi ini dapat membantu dan dipakai di seluruh RT di Indonesia, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*