Friday , 18 August 2017
Home » E-Government » SIMAYA : Aplikasi untuk Perkantoran Pemerintah

SIMAYA : Aplikasi untuk Perkantoran Pemerintah

simaya

Kementrian Komunikasi dan Informatika (kominfo) sudah mengembangkan sebuah aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Administrasi Perkantoran Maya (SIMAYA). Tujuan dikembangkannya sistem informasi ini adalah untuk mendigitalisasi proses perkantoran konvensional yang berlangsung saat ini. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah dapat melakukan proses administrasi terutama yang berkaitan dengan surat menyurat dan pengarsipan secara lebih efektif dan efisien disamping untuk meminimalisir penggunaan kertas. Hal ini juga terkait dengan pengembangan pemerintahan elektronik (e-government) di Indonesia.

Kantaya

Pada tahun 2001 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)  juga sudah mengembangkan aplikasi serupa yang diberi nama Kantaya (Kantor Maya). Aplikasi ini hanya digunakan oleh sedikit Pemerintah Daerah (Pemda) karena kurangnya infrastruktur pendukung serta ketersediaan sumber daya manusia dan anggaran di masing – masing Pemerintah Daerah. Pemda yang sukses mengadopsi sistem ini adalah Kabupaten Sragen dan Kabupaten Jembrana. Kantaya dikembangkan dengan aplikasi open source.

Cloud Computing

Untuk mengatasi berbagai keterbatasan khususnya di Pemerintah Daerah, aplikasi ini bisa diaplikasikan dengan dua metode yaitu cloud computing dan non cloud computing. Pada metode non cloud computing, Pemerintah Daerah harus menyiapkan infrastruktur seperti server,  bandwidth dan jaringan sendiri serta menyiapkan pegawai yang akan melakukan pemeliharaan infrastuktur dan aplikasinya. Sedangkan kalau menggunakan metode cloud computing tidak perlu menyediakan infrastruktur karena aplikasinya ditempatkan di server kementrian. Pemerintah Daerah hanya perlu menyediakan perangkat untuk mengakses dan tentu saja koneksi internet. Kekurangan metode ini terletak pada kecepatan aksesnya karena hanya untuk melakukan proses disposisi surat ke bawahan harus koneksi ke server pusat terlebih dahulu.

Fitur Simaya

Sitem informasi ini dikembangkan berdasarkan Tata Naskah Dinas Elekronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) No. 6 Tahun 2011 mengenai Tata Naskah Dinas Elektronis di Lingkungan Instansi Pemerintah.Beberapa yang ditawarkan oleh simaya yaitu :

  • Sistem surat menyurat dan disposisi berhierarki.

  • Penyimpanan agenda pribadi, kantor dan bersama

  • Pemesanan dan pencatatan fasilitas kantor

  • Sistem share URL dan folder yang terintegrasi

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*