Thursday , 19 October 2017
Home » E-Government » Rapat Online, Apa dan Bagaimana?

Rapat Online, Apa dan Bagaimana?

rapat online

Rapat merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh suatu  organisasi, baik di bidang pemerintahan maupun perusahaan swasta. Rapat memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda- beda, bisa jadi untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau untuk melakukan evaluasi suatu kegiatan.  Ide dan gagasan baru muncul dari kegiatan ini. Setiap orang dapat menyumbangkan pemikiran dengan mempresentasikannya di hadapan peserta rapat.

Jika suatu organisasi terdiri beberapa kantor cabang dengan jarak yang jauh, maka rapat online bisa menjadi solusi. Anggaran untuk rapat dapat dikurangi dengan rapat melalui jaringan internet.  Berikut adalah beberapa  aplikasi  untuk melaksanakan rapat secara online yang bisa digunakan secara gratis.

Google+ Hangouts

Situs jejaring sosial Google+ bisa dijadikan solusi untuk rapat online dengan cara yang sederhana. Google + Hangout memiliki beberapa kelebihan antara lain, fitur berbagi layar (screen sharing), integrasi dengan Google Docs, Sketchup dan kualitas audio video yang baik. Dengan satu akun Google anda sudah bisa menikmati semua fitur yang ada.

TeamViewer

rapat_onlinetv

Aplikasi yang terkenal dengan remote desktop ini juga bisa digunakan untuk kegiatan rapat online. Aplikasi ini mendukung share screen, chatting dan whiteboard. Presenter bisa menginstall aplikasi ini dengan ukuran kecil sedangkan untuk peserta dapat mengikuti melalui browser dengan alamat yang di generate secara otomatis. Silahkan coba Teamviewer disini

Meeting Burner

Ini adalah aplikasi rapat online gratis yang murni berbasis website. Proses memulai rapat juga sederhana yaitu hanya dengan mendaftar untuk mendapat akun. Jumlah peserta untuk versi gratis dibatasi sampai 10 peserta. Untuk mencoba MeetingBurner, silahkan buat akun di websitenya.

Selain menggunakan aplikasi gratis diatas, tentu anda dapat memanfaatkan aplikasi berbayar dengan beberapa fitur tambahan, misalnya WebEx Meeting dari Cisco. Atau jika ingin mencoba aplikasi rapat online melalui jaringan intranet, anda dapat membuat sebuah server web conference. Anda dapat mencoba Bigbluebutton.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*