Thursday , 19 October 2017
Home » Kabupaten Buleleng » Berbagai Cara Menonton Televisi di Buleleng

Berbagai Cara Menonton Televisi di Buleleng

Buleleng terletak di belahan utara dari Pulau Bali dan memanjang dari barat ke timur serta memiliki garis pantai sepanjang 144 km. Kabupaten Buleleng yang dikelilingi pantai di sebelah utara dan bukit di sebelah selatan ini membuat sinyal televisi kesulitan menjangkai daerah ini. Berbeda dengan di dari Bali selatan dimana kita bisa menonton televisi hanya dengan menggunakan antena indoor, di Buleleng mungkin hanya bisa menonton semut perang.

Berikut adalah beberapa alternatif cara untuk menonton televisi di wilayah Buleleng :

Siaran Terestial

Untuk bisa menerima siaran televisi swasta seperti RCTI dan SCTV, masyarakat Buleleng menggunakan antena UHF dengan menggunakan 2 buah pipa besi yang disambung lalu diberi sekur agar tidak goyang dan berubah arah. Dengan ketinggian 10 -20 meter gambar yang didapatkan belumlah begitu bening.  Oleh karena itu,sekarang sudah tidak ada lagi masyarakat yang menggunakan antena ini.
TV Kabel Buleleng
Sulitnya menerima siaran televisi swasta ini melahirkan sebuah bidang usaha baru. TV kabel. Satu operator biasanya melayani satu komplek perumahan atau sampai satu Banjar. Modal utama operator tv kabel adalah antena parabola, beberapa buah receiver, kabel dan booster. Untuk menyiarkan ke rumah – rumah penduduk digunakan kabel coaxial dan untuk memperkuat sinyal menggunakan booster.
Antena Parabola
Karena seringnya gangguan pada tv kabel, masyarakat pun beralih menggunakan parabola sendiri. Hampir di setiap rumah sekarang terdapat antena parabola. Menggunakan antena parabola dengan dekoder digital memang menghasilkan gambar yang lebih jernih. Bahkan kini sudah beredar dekoder High Definition (HD) dan format MPEG 4.
Salah satu masalah ketika menggunakan antena parabola adalah ketika ada pertandingan sepakbola seperti piala dunia maka siarannya diacak (scramble)oleh stasiun tv sehingga yang muncul hanya layar hitam atau hanya suaranya saja. Dalam dunia komputer ini mungkin dikenal dengan enkripsi.
Siaran yang diacak ini sebenarnya bisa di crack menggunakan dekoder yang support Ovet The Air (OTA) dengan memasukkan biss Key. Semacam serial number dalam bilangan heksa. Biss key ini umumnya rolling atau berubah ubah. Untuk mendapatkan biss key bisa menggunakan software khusus atau mencarinya di forum – forum internet.

Televisi Berlangganan

Dengan menggunakan tv berlangganan semua masalah bisa diatasi namun tentu saja harus menyediakan anggaran tiap bulannya. Anda bisa menentukan sendiri penyedia dan paket tv berlanggaanan sesuai kebutuhan anda.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*