Friday , 18 August 2017
Home » Blog » Perbedaan Handphone Replika dan Asli

Perbedaan Handphone Replika dan Asli

replika iphone 6

Pasar handphone khususnya smartphone kini banyak diramaikan dengan kehadiran handphone palsu atau replika. Tipe yang banyak beredar seperti Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Note 3, Iphone 5 s dan beberapa tipe Blackberry. Perangkat seperti ini  dikenal banyak nama seperti replika, supercopy, kingcopy atau ada yang menyebut KW Super.

Dari sisi penampilan maupun spesifikasi produk replika dan yang asli memang sulit untuk dibedakan. Pengguna yang belum pernah menggunakan produk aslinya tentu akan merasa kalau perangkat miliknya adalah asli.

Berikut adalah beberapa cara untuk membedakan handphone replika dan yang asli :

1. Penampilan

Secara penampilan tidak ada perbedaan mencolok antara handphone replika dengan yang asli. Namun jika diteliti dengan seksama akan terlihat pada bahan dan finishing produk replika memiliki kualitas yang lebih rendah.

2. Harga

Perbedaan harga produk replika ini memang cukup besar. Sebagai contoh Samsung Galaxy Note 3 dengan harga 7 jutaan sedangkan yang replika bisa didapatkan hanya dengan harga 1,5 juta.

3. Performa

Produk replika memiliki performa sekelas dengan smartphone buatan Cina lainnya walaupun terdapat stiker buatan Korea. Walau  spesifikasi seperti processor, RAM dan ROM yang sama persis sama dengan asli, namun kecepatan dan stabilitasnya tidak sama. Begitu juga dengan hasil kamera dan kualitas speakernya. Daya tahan baterai juga bisa dikatakan boros.

4. Garansi dan purna jual

Produk replika tidak dilengkapi dengan garansi dari pabrikan. Penjual biasanya memberikan garansi tukar dengan yang baru paling lama satu bulan.

Kesimpulan

Jika anda lebih mementingkan merek dan penampilan, anda mungkin dapat membeli handphone replika ini tentu dengan segala resikonya. Namun jika anda kualitas dan durabilitas atau daya tahan maka tentunya produk yang asli dari pabrik resminya.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*