Saturday , 25 November 2017
Home » Pendidikan » Pengelolaan Website Sekolah Menggunakan CMS Balitbang Versi 3.5.2

Pengelolaan Website Sekolah Menggunakan CMS Balitbang Versi 3.5.2

komunitas balitbang

Untuk membuat website sekolah yang dinamis, CMS yang dikeluarkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional yang diberi nama  CMS balitbang sudah bisa digunakan karena memiliki fitur yang cukup lengkap. 

Dengan tampilan administrator yang sederhana dan berbahasa Indonesia membuat pengelolaan web dengan CMS ini menjadi mudah. Anda tidak harus memahami bahasa pemrograman web yang sulit untuk menjadikan sekolah anda berbasis IT. Sedikit kemampuan menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti Photoshop diperlukan untuk membuat gambar header sesuai dengan sekolah anda.

Fitur umum yang ada dalam sebuah website profesional bisa anda manfaatkan antara lain :

Agenda

Digunakan untuk menyampaikan pengumuman terkait kegiatan – kegiatan oleh sekolah. Tampilan agenda ini ditampilkann dalam bentuk kalender.

Artikel

Fitur ini memberikan ruang kepada murid maupun guru untuk menampilkan hasil karya berupa tulisan. Tulisan terbaru akan tampil pada halaman depan website layaknya halaman sebuah blog.

Berita

Merupakan fasilitas untuk menampilkan tulisan mengenai kegiatan terbaru di sekolah. Berita  terbaru akan tampil di halaman sebagai slideshow.

Banner

Adalah tempat untuk menampilkan gambar dengan ukuran tertentu. Gambar ini biasanya disertai dengan alamat url ke website lainnya.

Forum Diskusi

Tempat melemparkan sebuah isu yang bisa ditanggapi oleh seluruh anggota atau member.

Galeri Foto

Fasilitas untuk menampilkan foto terkait kegiatan sekolah. Foto ini akan tampil di sidebar halaman depan sebagai slideshow.

Info Guru

Admin dapat memasukkan data seluruh guru yang ada beserta dengan mata pelajaran yang diajar. Masyarakat umum dapat melihat direktori guru ini.

Data Siswa

Seperti halnya data guru, data siswa juga dapat di input oleh admin sehingga memudahkan pencarian terhadap data siswa.

Materi Ajar

Bahan – bahan pelajaran dalam bentuk soft copy dapat disimpan di database website ini untuk selanjutnya bisa diunduh oleh siswa yang bersangkutan.

Member Komunitas

Tampilan untuk member yang sudah terdaftar mirip dengan tampilan sosial media facebook.

Jika semua fitur diatas bisa dikelola dan digunakan dengan baik maka sekolah dapat memiliki sistem pembelajaran online dengan tanpa biaya karena CMS ini bisa didapatkan dengan gratis.

 

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*