Thursday , 19 October 2017
Home » E-Government » Penambahan Fitur Interaktif pada Website Resmi Pemerintah

Penambahan Fitur Interaktif pada Website Resmi Pemerintah

Perkembangan teknologi website sudah berkembang dari web 1.0 menjadi web 2.0. Salah satu ciri kelebihan dari web 2.0 adalah memungkinkan adanya interaksi antara pemilik atau pengelola website dengan pembacanya.

website resmi pemerintah

Dalam konteks website pemerintah, teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan interaksi antara masyarakat dengan pihak aparatur pemerintah. Penggunakan media website untuk berinteraksi dengan masyarakat lebih efektif dan efisen mengingat pengguna media ini terus meningkat.

Berikut adalah beberapa penambahan pada website untuk dapat melakukan komunikasi dua arah antara pihak pemerintah dengan masyarakat :

1. Penambahan Modul Kritik dan Saran

Modul kritik dan saran adalah kolom yang diletakkan di sisi samping halaman depan website. Pengunjung dapat memasukkan kritik maupun saran mengenai program -program pemerintah  daerah, pelayanan publik maupun mengenai fasilitas umum. Semua arsip saran ditampilkan lagi pada halaman depan website.

2. Penambahan Modul Jajak Pendapat

Jajak pendapat adalah sebuah kolom pertanyaan yang diajukan pengelola website dengan pilihan jawaban yang sudah disiapkan. Modul ini sangat cocok untuk melakukan survei untuk mengetahui pendapat masyarakat tentang sebuah kebijakan.

3. Penambahan Kolom Komentar pada Berita atau Artikel

Dengan adanya komentar pada berita memungkinkan pengunjung menanggapi atau memberi masukan terkait kegiatan yang dilaksanakan.

4. Pemanfaatan Media Sosial

Pesatnya perkembangan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Tweeter  bisa dimanfaatkan untuk melakukan interaksi antara pihak pemerintah dengan masyarakat. Mengingat pemakai aktif situs jejaring sosial ini sangat banyak. Jejaring sosial ini dapat diintegrasikan dengan website resmi pemerintah untuk menampilakan komentar dari pengguna situs media sosial tersebut. Untuk dapat memanfaatkan fitur ini, pihak pengelola website harus membuat akun pada situs jejaring sosial.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*