Friday , 18 August 2017
Home » Kutipan » Pelajaran Hidup dari Bahasa Pemrograman Komputer

Pelajaran Hidup dari Bahasa Pemrograman Komputer

coding

Untuk bisa menghasilkan sebuah  aplikasi atau software yang kita gunakan sehari – hari, sebelumnya diperlukan orang yang dapat menerjemahkan  persoalan di dunia nyata ke dalam dunia digital. Programmer mempunyai tugas dan fungsi untuk pekerjaan ini. Hasilnya bukan saja program komputer yang membantu pekerjaan sehari – hari, tetapi juga semua alat elektronik kini sudah bisa ter komputerisasi.

Hidup adalah sebuah proses. Kita dapat mengambil banyak sekali hikmah dari sebuah bahasa pemrograman yang bisa dimanfaatkan sebagai panduan dalam berfikir maupun bertindak dalam kehidupan sehari – hari.

Sederhanakan dengan flowchart

Dalam bidang informatika terutama dalam rekayasa perangkat lunak, sebelum membuat sebuah aplikasi maka pembuatan flowchart adalah kegiatan yang pertama diambil. Dengan flowchart maka persoalan akan diuraikan kedalam skema yang memperhitungkan kemana langkah penyelesaiannya. Disini kita mesti berfikir jika memilih sebuah keputusan maka akan ada implikasi selanjutnya. Jika ini maka itu dan seterusnya.

Persoalan hidup itu semakin kompleks seiring dengan pertambahan usia dan perkembangan zaman. Pekerjaan menuntut kita menyelesaikan persoalan yang kompleks ini menjadi lebih mudah dipahami. Terkadang kita harus mempersiapkan berbagai kemungkinan dari setiap keputusan yang kita ambil. Misalnya kita dihadapkan pada persoalan dalam membeli atau membangun rumah, bisa kita buat sebuah chart untuk menentukan semua kemungkinan plus minus nya.

Tempatkan Sesuatu Sesuai dengan Jenisnya

Menulis bahasa pemrograman atau coding dimulai dengan mendefinisikan sebuah variabel. Ada beberapa variabel yang berbeda untuk jenis nilai yang berbeda. Contohnya karakter (char) ,strings, integer, dan lain – lain. Fungsinya adalah untuk menyimpan sebuah nilai yang berubah – ubah sesuai dengan jenisnya.

Dalam kehidupan sehari – hari baik itu di rumah maupun di kantor, sebaiknya memang kita harus menempatkan sesuatu sesuai tempatnya. Ini berguna untuk mempermudah mengambil saat kita memerlukannya.

Simpan Sebuah Prosedur untuk digunakan lagi

Prosedur dan fungsi  merupakan serangkaian kode program yang berada dalam program utama. Atau bisa dikatakan sebuah subprogram. Penggunaan fungsi ini sangat bermanfaat dalam bahasa pemrograman karena dapat menghemat waktu dan mencegah pengulangan penulisan sebuah kode. Ketika menemukan sebuah prosedur yang sama maka tinggal memanggil prosedur yang telah kita definisikan sebelumnya.

Ini juga bermanfaat ketika kita mendapat tugas yang sudah pernah kita lakukan sebelumnya. Jika sudah punya prosedur untuk sebuah permasalahan maka penyelesaiannya akan lebih cepat. Dalam sebuah organisasi mungkin ini mirip dengan pentingnya sebuah SOP.

Buat Dokumentasi yang Lengkap

Pencarian kesalahan dalam kode bahasa pemrograman akan sangat sulit jika tidak dilengkapi dengan dokumentasi yang lengkap setiap langkah yang ditulis. Pembuatan penjelasan ini mungkin membosankan dan memakan waktu namun ini akan terasa manfaatnya kemudian.

Mengingat kita memiliki ingatan yang terbatas, maka menuliskan semua kegiatan itu menjadi penting.

Siapkan Jalan Keluar

Salah  satu kesalahan yang sering terjadi pada programmer pemula adalah adanya pengulangan yang terus menerus (infinite loop). Jika sebuah komputer mengeksekusi program dengan pengulangan ini maka akan menghabiskan sumber daya (CPU).

Segala sesuatu walaupun sudah direncanakan dengan matang terkadang tidak berjalan semestinya. Oleh karena itu diperlukan tindakan untuk mengakhirinya.

Ini adalah beberapa filosofi yang bisa diambil dari bahasa pemrograman. Tentu masih banyak aspek bisa kita eksplorasi dari bahasa ini.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*