Thursday , 19 October 2017
Home » Elektronik » Panduan Merakit Komputer Sesuai Kebutuhan

Panduan Merakit Komputer Sesuai Kebutuhan

komputer rakitan

Masa kejayaan komputer rakitan  memang sudah memudar dan digantikan oleh komputer jinjing atau laptop dan tablet.  Namun jika anda adalah penggemar pemainan komputer definisi tinggi atau 3D, senang meng-edit video maupun membuat sebuah desain yang kompleks tentu tidak dapat menggunakan komputer dengan sfesifikasi standar. Anda memerlukan komputer dengan sfesifikasi khusus yang terkadang tidak bisa didapatkan pada komputer built -up. Cara terbaik mendapatkan komputer tersebut adalah dengan membeli sendiri komponen yang diperlukan kemudian merakitnya sendiri.

Merakit komputer sendiri selain memberikan kepuasan tersendiri tetapi anda juga akan memiliki komputer dengan sfesikfikasi persis dengan yang anda inginkan.Panduan ini memberikan petunjuk segala sesuatu yang diperlukan untuk merakit komputer walaupun anda tidak mempunyai latar belakang elektronik maupun informatika. Dimulai dari mengenal  komponen dasar komputer, membeli bagian – bagian komputer sampai dengan instalasi system operasi.

Pertama kita tentukan dahulu komputer seperti apa yang akan kita bangun, untuk memperoleh bayangan jenis komputer, kita bisa bedakan menjadi 3 macam tingkatan komputer :

  1. Komputer spesifikasi rendah. Merupakan komputer yang digunakan untuk keperluan sederhana, misalnya hanya digunakan untuk mengetik surat, browsing internet, email dan menonton video standar. Komputer ini tidak memerlukan spesifikasi perangkat keras  khusus. Processor intel atom sudah cukup memadai.
  2. Komputer spesifikasi menengah. Ini adalah jenis komputer yang umum digunakan untuk keperluan sehari – hari, baik untuk perkantoran maupun untuk pelajar dan mahasiswa. Selain bisa untuk aplikasi perkantoran juga bisa digunakan untuk keperluan desain grafis maupun permainan sederhana.
  3. Komputer spesifikasi tinggi. Adalah komputer yang khusus diperuntukkan untuk performa tinggi. Ini biasa digunakan untuk convert dan edit video, memainkan permainan terbaru dengan seeting maksimal, menggambar 3 dimensi maupun untuk aplikasi mesin virtual.

M emahami Komponen Perangkat Keras Komputer

Sebelum langsung praktek membeli komponen dan merakit komputer sesuai idaman anda, adalah penting untuk memahami  bagian – bagian yang membuat sebuah komputer bekerja. Komponen dasar dari sebuah komputer pribadi  yaitu :

  • Processor : Merupakan “otak” dari sebuah komputer dimana semua pemrosesan data memerlukan alat ini. Processor menentukan kemampuan komputer untuk mengerjakan banyak hal sekaligus (multitasking)  secara lebih cepat.
  • Motherboard : Adalah sebuah Printed Circuit Board (PCB) yang sudah terdapat komponen elektronik dengan ukuran yang besar tempat semua komponen lain di letakkan.  Sebuah motherboard terdiri dari komponen dasar komputer seperti chipset, USB port, LAN card dan beberapa jumlah slot untuk perangkat tambahan seperti VGA card, WiFi dan Soundcard. Motherboard juga menentukan jenis komputer seperti apa yang akan anda rakit.
  • Memory RAM : Random Access Memory adalah media penyimpanan jangka pendek dimana dalam pemrosesan data memerlukan tempat untuk disimpan sementara untuk kecepatan akses kembali.
  • Harddisk : Adalah tempat menyimpan data untuk jangka panjang.
  • VGA Card :  Merupakan komponen yang khusus menangani masalah tampilan grafis.  Banyak motherboard sudah dilengkapi dengan VGA onboard  yang cukup untuk menampilkan grafis standar  namun  tidak memadai jika jika digunakan untuk  grafis definisi tinggi maupun untuk permainan 3D.
  • CD/DVD  Drive : Penggunaan CD/DVD sudah berkurang saat ini karena sudah digantikan dengan media penyimpanan USB.
  • Cassing : Cassing adalah tempat meletakkan semua komponen serta tampilan luar dari komputer.
  • Power Supply : Bisa dikatakan merupakan adaptor  yang menyediakan tegangan listrik untuk seluruh komponen komputer anda.

Membeli Komponen Komputer

Setelah memahami semua komponen komputer rakitan anda maka kini saatnya pergi ke toko komputer untuk membeli komponen yang dibutuhkan. Jika anda tidak ingin pergi ke toko tentu anda bisa membelinya secara online mengingat sekarang sudah banyak toko online yang terpercaya.

Merakit Komputer

Setelah semua komponen ada di tangan anda maka tahap selanjutnya adalah merakitnya menjadi satu sampai berfungsi. Langkah pertama yang harus diambil adalah memasang processor dan motherboard. Ketika membeli processor biasanya anda sekaligus mendapatkan kipas pendingin untuk processor. Ada baiknya anda pasang processor, motherboard, memory RAM dan monitor kemudian coba hidupkan, jika sudah muncul tampilan yang menunjukkan kecepatan processor dan besarnya memory RAM berarti semua komponen tersebut berfungsi dengan baik.

Selanjutnya pasang motherboard, processor, RAM, Hard disk ,VGA Card, DVD Drive dan  power supply pada cassing. Pasang semua kabel sesuai dengan port-nya pada motherboard dan power supply.  Setelah anda yakin kabelnya sudah terpasang dengan benar maka tinggal menekan tombol power untuk menghidupkannya.

Instalasi Sistem Operasi

Jika komputer sudah selesai dirakit dan bisa dihidupkan maka tahap selanjutnya adalah menginstal system operasi.  Anda dapat memilih system operasi yang ada apakah berbasis Microsoft Windows atau jika anda lebih tertarik dengan system operasi yang legal dan gratis anda bisa memilih salah satu distro linux, untuk pemula anda bisa memilih Ubuntu atau Linux Mint.

Langkah pertama untuk melakukan sistem operasi adalah menentukan urutan boot-ing komputer sesuai dengan media istalasi yang anda gunakan. Kita bisa melakukan instalasi menggunakan CD/DVD atau dengan USB Flashdisk. Urutan boot ini bisa dipilih pada halaman BIOS yang bisa diakses dengan menekan salah satu tombol ( biasanya DEL atau F2) di keyboar saat pertama kali komputer hidup.  Tampilan BIOS  pada masing – masing motherboard berbeda – beda. Ubah urutan booting pada tab boot pastikan media instalasi yang anda gunakan ada pada posisi paling atas, jika menggunakan CD/DVD  biasanya bernama Optical Drive sementara untuk flashdisk dengan nama Removeable Drive. Jika sudah benar maka tinggal mengikuti proses instalasi.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*