Thursday , 19 October 2017
Home » Elektronik » Panduan Lengkap Cara Upgrade Audio Mobil

Panduan Lengkap Cara Upgrade Audio Mobil

audio mobil

Jika anda menginginkan sound system mobil yang lebih bagus namun anggaran yang dimiliki tidak mencukupi,  mungkin anda bisa mengganti beberapa bagian dalam audio mobil anda. Menghasilkan suara yang bagus di dalam mobil anda tidak harus mengeluarkan banyak uang. Anda dapat memasang sendiri semua komponen dalam audio mobil.

Untuk dapat melakukan upgrade atau pergantian sebagian pada sound system di mobil, anda harus memahami komponen – komponen dalam audio mobil. Sebenarnya komponen dalam audio mobil sama saja dengan system suara dirumah, namun dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Berikut adalah elemen dalam audi mobil yang dapat anda upgrade sendiri.

Head Unit

Head unit atau tape mobil merupakan komponen antarmuka yang paling terlihat dari sebuah audio mobil.  Pengemudi  atau penumpang berinteraksi melalui alat ini. Jika anda membeli mobil baru maupun bekas  biasanya sudah dilengkapi dengan head unit OEM yang terintegrasi di dashboard sesuai tipe mobilnya. Untuk mobil dengan tipe standar head unitnya juga standar.Oleh karena itu mengganti head unit adalah pilihan yang masuk akal. Jika anda mengganti head unit mobil anda dengan head unit 2 din touchscreean dengan fitur yang lengkap seperti CD/DVD, tuner, Bluetooth, GPS, Internet bahkan dengan system operasi Android. Cara pemasangan head unit cukup mudah karena biasanya sudah dilengkapi dengan dokumentasi dan buku manual yang lengkap terutama untuk merek terkenal.

head unit standar

Namun, jika anggaran terbatas, anda dapat memodifikasi head unit bawaan dengan beberapa tambahan. Misalnya jika anda ingin memutar mp3 melalui flashdisk, anda dapat menambahkan adapter kaset atau fm transmitter. Atau jika ingin memutar musik dari ipod atau handphone, anda dapat menambahkan line in/aux in jika pada tape mobil tersebut tidak dilengkapi dengan line in.

Speaker

speaker mobil

Speaker sangat berperan dalam menghasilkan suara yang baik. Speaker bawaan terkadang tidak mengeluarkan suara yang optimal seiring dengan waktu pemakaian. Atau jika anda membeli mobil bekas terkadang speaker yang dipasang adalah speaker yang asal bunyi. Oleh karena upgrade speaker wajib dilakukan. Harga untuk speaker yang ditempel di pintu mobil bervariasi sesuai dengan mereknya. Merek JBL misalnya sudah cukup menghasilkan kualitas suara yang lumayan. Tweeter dan woofer sebaiknya dipisahkan dengan sebuah cross over untuk memisahkan frekuensi rendah dan tinggi.

Amplifier

amplifier mobil

Mengingat keluaran daya dari head unit tidak terlalu besar untuk “mengangkat” speaker ukuran besar atau subwoofer, maka diperlukan alat penguat suara berupa amplifier atau dikenal dengan power. Amplifier untuk mobil berbeda dengan amplifier yang dipasang di rumah, dari segi bentuk, ukuran dan besaran  tegangan. Amplifier yang bagus tidak hanya menghasilkan suara yang keras, tapi juga harus menghasilkan suara yang jernih dan enak didengar.  Di pasaran banyak sekali merek amplifier untuk mobil, merek terkenal belum tentu menghasilkan suara yang bagus. Untuk pemakaian sehari – hari, anda dapat memasang amplifier dengan harga 500 ribuan.

Anda dapat memasang sendiri amplifier  ini karena cara memasangnya relatif mudah.  Pertama tentukan terlebih dahulu tempat anda menaruh amplifier ini  lalu pasang kabel ke speaker dan untuk powernya.

Subwoofer

subwoofer bagus

Pemasangan subwoofer pada audio mobil bertujuan untuk menghasilkan suara bass yang dalam. Sesuai dengan bentuknya, subwoofer ada bermacam – macam. Ada yang untuk dipasang di bawah jok atau untuk di bagasi belakang. Sedangkan dari powernya, ada yang aktif subwoofer dan pasif subwoofer. Aktif subwoofer adalah subwoofer yang sudah terintegrasi dengan amplifier. Jika memungkinkan, anda dapatmerakit subwoofer sendiri sesuai dengan keinginan

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*