Saturday , 25 November 2017
Home » Open Source » Panduan Instalasi dan Penggunaan Ubuntu 13.04

Panduan Instalasi dan Penggunaan Ubuntu 13.04

ubuntu 13.04

Ubuntu dengan tagline -nya The World’s Most Popular Free OS atau Sistem Operasi gratis yang paling populer saat ini sudah sampai pada rilis versi 13.04. Jika dilihat kebelakang, Ubuntu merupakan distro Linux yang menjadi trend dari versi 7. Walaupun saat ini popularitasnya dikalahkan oleh distro “keluarganya” sendiri yaitu Linux Mint. Dari segi nama Mint cenderung teraosiasi dengan sesuatu yang lebih segar.

Perbedaaan Ubuntu 12.04 dan Ubuntu 13.04

Tidak banyak perbedaan yang ditemukan antara Ubuntu 12.04 dan Ubuntu 13.04. Pada versi 12.04 merupakan versi Long Term Support (LTS) dimana ini merupakan rilis yang lebih  stabil dengan dukungan fitur keamanan dan pembaharuan sampai dengan tahun 2017. Sementara untuk Ubuntu 13.04 adalah versi baru dengan beberapa tambahan fitur. Sehingga terdapat beberapa penyempurnaan pada Ubuntu13.04.

Instalasi Ubuntu 13.04

Layaknya distro Linux lainnya, Ubuntu 13.04  hadir dalam arsitektur 32 dan 64 bit. Untuk mendapatkan file untuk instalasinya bisa langung di download di situs Ubuntu.

Media Instalasi

Ubuntu 13.04 menawarkan dua jenis media instalasi yang bisa dipilih, yaitu CD/DVD dan USB Flashdisk. Dari sisi kecepatan instalasi dan efisiensi jelas menggunakan USB Flashdisk merupakan pilihan yang lebih baik. Ubuntu 13.04 memiliki ukuran kurang dari 1 GB sehingga jika anda memiliki Flashdisk 2 GB sudah cukup.

Proses Instalasi Ubuntu 13.04

Cara instalasi Ubuntu 13.04 bisa dikatakan sangat mudah bahkan bagi anda yang pertama kali melakukan instalasi sebuah sistem operasi pada sebuah komputer. Prosesnya tidak jauh berbeda dengan proses instalasi Microsoft Windows 7 atau Windows 8.

Setelah anda booting komputer menggunakan CD/DVD atau FDD installer Ubuntu 13.04, anda akan diberikan pilihan untuk mencoba Ubuntu tanpa instalasi dan install Ubuntu. Pilih saja salah satu karena keduanya akan memberikan pilihan untuk instalasi, tapi jika memilih install Ubuntu maka proses instalasi akan langsung berjalan.

Pilihan yang sedikit memerlukan penyesuaian adalah pada pengalokasian hardisk atau partisi. Jika anda menggunakan hardisk yang baru dan masih kosong, Ubuntu bisa mengatur sendiri partisinya tinggal klik Install Now. Anda juga bisa melakukan instalasi Ubuntu 13.04 pada hardisk yang ada sistem operasi yang lain yang disebut dual boot.

Proses selanjutnya adalah tinggal menentukan lokasi dan memasukkan informasi pengguna. Silahkan isi pada kolom yang diberikan.

Pengenalan Desktop Ubuntu 13.04

Ubuntu 13.04 hadir dengan pengelolaan desktop (desktop environment) yang bernama Unity. Tampilan grafis (GUI) dari Unity ini lebih mirip dengan Mac OS  dari pada Windows.  Area indikator dan notifikasi berada pada bagian kanan atas. Sementara ikon – ikon aplikasi berada pada bagian samping kiri. Ikon paling atas merupakan ikon Dash, dimana dengan ikon ini anda bisa mencari apapun dalam satu layar Dashboard. Kita bisa mencari aplikasi,  dokumen, file audio/video bahkan update berita dari semua sosial media yang kita punya.

Perangkat Lunak ( Software)

Ubuntu 13.04 sudah berisi paket – paket aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna secara umum.  Untuk aplikasi perkantoran menggunakan Libre Office yang terdiri dari pengolah kata,, spreadsheet, presentasi dan menggambar.

Jika anda ingin menambahkan ataupun mengurangi aplikasi, silahkan pilih Ubuntu Software Center.  Jika pengguna Android menggunakan Play Store, maka untuk Ubuntu ada ribuan aplikasi yang gratis dan berbayar di Ubuntu Software Center.  Semua aplikasi sudah dikelompokkan sesuai dengan jenisnya.

Tutorial penggunaan Ubuntu 13.04 secara lengkap ada di Ubuntu-manual.com

 

 

 

 

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*