Saturday , 25 November 2017
Home » Android » Mengontrol Lampu Rumah dengan Android

Mengontrol Lampu Rumah dengan Android

home-automation-slide

Anda bisa membuat sendiri proyek otomatisasi alat – alat dirumah ( home automation) jika memiliki ketertarikan terhadap elektronika dan mikrokontroler. Kit seperti Arduino dan Rasberry Pi bisa digunakan untuk proyek home automation seperti ini. Anda bisa mengontrol semua alat yang menggunakan listrik hanya dari perangkat smartphone. Membuka pintu pagar, menghidupkan/ mematikan lampu dan mengontrol kamera CCTV.

Namun jika anda menginginkan alat yang sudah jadi, kini sudah tersedia di pasaran alat untuk keperluan ini. Berikut ini adalah beberapa contoh alat untuk mengontrol lampu rumah dengan perangkat berbasis Android tapi sebelumnya anda harus membeli alatnya.

Belkin WeMO

Belkin menawarkan cara mengontrol alat listrik dan elektronik dengan cara berbeda. WeMo dapat digunakan untuk mengganti saklar konvensional. Anda bisa menghidupkan kipas angin atau memasak air dari perangkat Android anda.

Download WeMo via Google Play

Philips Hue

Produsen lampu terkemuka ini menawarkan cara mengontrol lampu ruangan dari smartphone. Suasana ruangan bisa diganti – ganti sesuai dengan menu yang ada.

Download Philips Hue via Google Play

Sumber gambar http://jandkhomeautomation.com/

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

2 comments

  1. bagaimana cara menggunakan atau menghubungkan ke perangkat dari aplikasi diatas?

  2. Kalau sudah hobi, apapun dasauhikan ya Bli.Dua orang model abadi nih, selalu ada kapanpun diperlukan Ayo ikutan acaraku, ngeramein aja. Kan salah satu jurinya bisa dikedipin tuh .. hehehe *lirik Bli Arnaya ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*