Saturday , 25 November 2017
Home » E-Government » Mengenal Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SiKAP) dari LKPP

Mengenal Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SiKAP) dari LKPP

sikap

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) terus memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam hal pengadaan  barang/jasa. Ini untuk memenuhi prinsip- prinsip pengadaan yaitu efisien, efektif, terbuka dan bersaing, transparan, adil / tidak diskriminatif dan Akuntabel. Berbagai sistem informasi telah diluncurkan seperti sistem pengadaan secara elektronik yang dikelola oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) di instasi pusat sampai dengan ke kabupaten/kotamadya. Dengan suksesnya implementasi sistem ini kemudian melahirkan berbagai subsistem lainnya, seperti e-purchasing dengan e-katalog untuk beberapa jenis barang/jasa, Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP), e-monev dan yang terbaru yaitu Sistem Informasi Kinerja Penyedia(SiKAP).

SiKAP atau juga dikenal dengan Vendor Management System (VMS) merupakan   amanat Pasal I angka 16 Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 4 Tahun 2015 adalah menyisipkan 1 pasal pada Perpres Nomor 54 Tahun 2010, yaitu Pasal 109A yang salah satu ayatnya bertuliskan “Percepatan pelaksanaan E-Tendering dilakukan dengan memanfaatkan Informasi Kinerja Penyedia Barang/Jasa.”

Aplikasi ini dapat digunakan penyedia barang/jasa yang telah mendaftar dan terverifikasi di LPSE serta telah mengaktifkan fitur agregasi (ADP). Penyedia dapat langsung login di alamat  htttp://sikap.lkpp.go.id  menggunakan user id dan password yang digunakan pada SPSE. Penyedia dapat langsung mengisi standar data kualifikasi antara lain data Ijin Usaha, Akta Perusahaan, Identitas Pemilik, Pengurus dan Tenaga Ahli, informasi Pengalaman, dll.

Petunjuk pengisian aplikasi dapat dilihat disini 

Jika mengalami kesulitan menggunakan aplikasi ini dapat menghubungi LPSE terdekat. Untuk penyedia yang ada di Kabupaten Buleleng dapat menghubungi LPSE Buleleng .

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*