Tuesday , 22 August 2017
Home » E-Government » Mengenal Enkripsi dalam Sistem e-procurement

Mengenal Enkripsi dalam Sistem e-procurement

Perkembangan sistem pengadaan barang dan jasa secara elektronik (e-procurement)  di Indonesia bisa dibilang cukup pesat, ini bisa dilihat dari hampir semua pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota sudah memiliki layanan pengadaan secara elekronik (LPSE). Sistem pengadaan secara elektronik ini dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP).

Aspek keamanan informasi merupakan keharusan dalam sebuah sistem elektronik yang dikelola oleh pemerintah. Dalam hal pengiriman atau upload dokumen penawaran oleh penyedia/ rekanan dikenal dengan Aplikasi Pengaman Dokumen (Apendo). Apendo merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg)  yang khusus dibuat untuk men-enkripsi dan men-dekripsi berkas penawaran. Kalau sistem lelang secara manual pengamanan terhadap dokumen penawaran dilakukan dengan amplop khusus yang di lem kemudian ketika membukanya   harus disertai saksi sedangkan pada sistem elektronik berkas penawaran akan di acak atau di enkripsi ke dalam file berekstensi .rhs. File yang sudah dienkripsi ini baru akan bisa dibuka oleh panitia pengadaan ketika jadwal pembukaan penawaran tiba.

Algoritma Enkripsi

Tingkat keamanan dalam kriptograpi ditentukan oleh algoritma yang digunakan. Saat ini banyak berkembang algoritma baru tentang enkripsi. Pada tahap awal pengembangan apendo masih menggunakan algoritma enkripsi umum namun untuk meningkatkan tingkat keamanan  mulai dari versi 2.1 sampai seterusnya menggunakan algoritma enkripsi propietary yang dikembangkan oleh Lemsaneg

Jika anda ingin mencoba mengamankan file dengan menggunakan metode enkripsi, aplikasi untuk enkripsi dan dekripsi file sebenarnya sudah banyak beredar, contohnya PGP Software.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*