Friday , 18 August 2017
Home » E-Government » Mengenal Computer Assisted Test (CAT) Rekrutment dan Seleksi CPNS 2013

Mengenal Computer Assisted Test (CAT) Rekrutment dan Seleksi CPNS 2013

cat cpns 2013

Computer Assisted Test (CAT) adalah  suatu metode seleksi dengan alat berupa aplikasi komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.  Aplikasi ini dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang rencananya akan diimplementasikan untuk seleksi penerimaan CPNS pada bulan Agustus tahun 2013 ini.

CAT sebenarnya sudah banyak diterapkan oleh beberapa universitas dan perusahaan. Peserta tes akan menjawab pertanyaan yang disediakan oleh bank soal di database komputer secara acak. Sistem ini memungkinkan penilaian dilakukan secara otomatis sehingga peserta dapat mengetahui hasilnya saat itu juga. Proses test dilaksanakan langsung menggunakan komputer khusus untuk test dalam hal ini menggunakan komputer dari Kantor Regional BKN. Sementara untuk proses pendaftarannya bisa menggunakan koneksi internet.

Tahun ini Kabupaten Buleleng belum melaksanakan penerimaan CPNS dari jalur umum. Hanya 3 Kabupaten di Bali yang menerima CPNS yaitu Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem dan Kota Denpasar.

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*