Thursday , 19 October 2017
Home » Blog » Mengenal Aksara Bali

Mengenal Aksara Bali

Ide tulisan ini berawal ketika berkunjung ke Museum Sultan  Mahmud Badaruddin II di Kota Palembang baru – baru ini.  Pada bagian depan museum ini dipajang prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya. Yang menjadi perhatian saya adalah huruf yang dipakai dalam prasasti dari batu itu mirip dengan huruf Thailand dan juga huruf Jawa/Bali. Konon huruf yang digunakan adalah huruf pallawa.

Dari wikipedia didapat informasi memang huruf atau aksara itu memang masih satu keluarga dengan aksara Bali. Masih dalam satu rumpun aksara brahmi.  Dan ternyata aksara Bali adalah satu dari enam aksara nusantara yang terdaftar di Unicode dan dan memiliki kodifikasi U+1B00–U+1B7F.  Sedangkan untuk menulis aksara Bali di Microsoft Word bisa download disini.

Karena jarang menggunakan aksara Bali dalam kegiatan sehari – hari membuat kesulitan ketika membaca dan menulis dengan aksara Bali.

Semestinya kita memang harus bangga karena memiliki warisan huruf yang unik ini karena tidak semua daerah memilikinya. Layaknya negara jepang yang bangga dengan hiragana dan katakana-nya.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*