Tuesday , 22 August 2017
Home » Open Source » Mencoba Elementary OS Luna

Mencoba Elementary OS Luna

tampilan elementary os

Salah satu distribusi Linux yang menjadi pilihan alternatif bagi pemakai pemula Linux adalah Elementary OS. Distro ini banyak dijadikan rujukan terutama dengan dihentikannya dukungan Microsoft untuk Windows XP.

Secara sepintas tampilan Elementary OS Luna sangat dengan tampilan Mac OS X.  Sesuai dengan namanya, Linux ini mengusung filosofi yang sama yaitu kesederhaan. Tampilan yang minimalis dengan kombinasi warna yang lembut adalah daya tarik distro ini. Anda tidak perlu melakukan banyak modifikasi atau tambahan aplikasi untuk mempercantik tampilan layaknya di Ubuntu. Elementary OS sudah cantik sejak lahir.

Walaupun bukan distro Linux terpopuler versi Distrowatch, jumlah pengguna Elementary OS terlihat terus meningkat.

Proses Instalasi

Karena masih satu keluarga dengan Ubuntu, maka proses instalasi persis sama dengan instalasi Ubuntu.  Saya sendiri menginstall  Elementary OS Luna ini pada netbook HP Mini  dan tidak ada kendala sama sekali. Semua perangkat terdeteksi dengan sempurna.

Disamping semua kelebihan yang dimiliki, distro ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah kurangnya program aplikasi yang ada pada saat pertama install. Ini tentu tidak akan menjadi masalah yang serius jika anda memiliki koneksi internet yang memadai. Hampir semua software yang ada di Ubuntu tersedia di Software Center Elementary OS.  Jika anda ingin menginstall aplikasi perkantoran bisa memilih Libre Office.

elementary os pada hp mini

Kesimpulan

Jika anda menginginkan atau sekedar ingin mencoba sistem operasi Linux dengan tampilan minimalis ala Mac OS dengan kebutuhan spesifikasi perangkat yang minim, anda dapat mencoba distro ini. Namun jika menginginkan distro dengan aplikasi lengkap dengan codec – codec – nya, sebaiknya anda memilih distribusi Linux lain misalnya Linux Mint.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*