Thursday , 19 October 2017
Home » Elektronik » Memutar File MP3 dari Flashdisk pada Tape Mobil Lawas

Memutar File MP3 dari Flashdisk pada Tape Mobil Lawas

Saat ini dipasarkan sedang trend tape mobil (head unit) 2 tingkat ( double Din) layar sentuh yang sudah memiliki fitur seperti Radio, CD/VCD/DVD, TV Tuner, GPS,Bluetooth dan USB. Head unit seperti ini bahkan ada yang sudah beroperasi dengan sistem operasi android sehingga memungkinan untuk melakukan panggilan telepon, koneksi internet untuk streaming audio/video dan penambahan berbagai aplikasi lainnya. Perangkat seperti ini tentu tidaklah begitu sulit untuk sekedar memainkan koleksi MP3 dari Flashdisk.

Tetapi bagi anda yang kebetulan mempunyai tape mobil jadul yang hanya memungkinkan untuk memutar kaset dan radio beberapa trik agar bisa memainkan MP3 dari flashdisk.

fm transmiter

FM Transmitter

FM Transmitter bisa didapatkan hanya dengan harga 50 ribuan. Prinsip kerjanya sederhana yaitu flashdisk ditancapkan di FM transmiter lalu suara akan dipancarkan menggunakan frekueksi radio FM dengan frekuensi yang bisa ditentukan sendiri. Frekuensi ini akan diterima oleh radio di tape mobil. FM transmiter mendapatkan power supply dari pemantik api di mobil. Kekurangan menggunakan alat ini adalah kualitas suara yang buruk dan adanya interferensi dengan frekuensi stasiun radio yang frekuensinya berdekatan. Sedangkan kelebihannya adalah praktis digunakan tanpa adanya kabel dan selain port USB, FM Transmiter ini juga dilengkapi dengan port SD/MMC dan Line In.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*