Friday , 18 August 2017
Home » E-Government » Memonitor Website dengan Pemberitahuan Via Email dan SMS

Memonitor Website dengan Pemberitahuan Via Email dan SMS

kirim sms

Mengelola sebuah website yang harus selalu tersedia selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tentunya memerlukan sebuah alat  untuk memantau host tersebut. Misalnya kita mengelola sistem elektronik berbasis seperti LPSE, tentunya kita tidak bisa memantau apakah website tersebut “hidup” selama 24 jam terutama pada hari libur. Anda dapat membangun server monitoring atau juga membayar layanan premium untuk keperluan ini.

Dengan sedikit trik, sebenarnya anda dapat memanfaatkan layanan dari Google untuk memonitor website dengan pemberitahuan ke email dan melalui SMS. Seperti kita ketahui bahwa Google memiliki layangan pemberitahuan SMS secara gratis, maka kita dapat membangun sendiri sistem monitor website dengan gratis.

Saya menemukan cara secerhana ini dari websitenya Amit Argawal. Cara kerjanya adalah menggunakan script yang dijalankan melalui Google Docs kemudian notifikasi dikirim ke Google Kalender. Karena Google Kalender dapat disetting untuk memberi penginggat melalui SMS maka Google akan mengirimkan pemberitahuan melalui SMS tentang keadaan website yang kita pantau. Pemberitahuan melalui SMS dikirim setiap 5 menit sesuai yang ditulis di script.

Langkah – langkah memonitor website menggunakan Google Docs dan pemberitahuan lewat SMS:

  1. Login menggunakan akun Google anda, lalu klik disini untuk membuat salinan script ke Google Drive anda.
  2. Masukkan url website yang akan anda monitor, masukkan alamat email anda dan ubah SMS Notificationts -nya menjadi Yes.
  3. Klik Website Monitor di tool bar dan klik Initialize dan  Start

Untuk dapat menerima SMS dari Googl, anda harus mengaktifkan pengingat telepon melalui settingan di Google Calendar Anda.

Sumber : http://www.labnol.org/internet/website-uptime-monitor/21060/

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*