Friday , 18 August 2017
Home » Elektronik » Memilih Penyedia Layanan Internet di Rumah

Memilih Penyedia Layanan Internet di Rumah

isp internet di pedesaan

Dengan semakin banyaknya  alat – alat di rumah yang mendukung koneksi  ke jaringan internet maka kebutuhan akan internet yang cepat  seakan menjadi sangat penting. Bisnis online juga semakin mudah dilakoni oleh siapa saja hanya dari rumah mengandalkan koneksi internet.

Layanan penyedia jasa internet (ISP) secara umum memberikan 2 metode langganan, yaitu untuk pelanggaan corporate yang ditujukan untuk kantor atau perusahaan yang memerlukan koneksi super cepat dan untuk pelanggan rumahan. Kantor menyewa internet dalam jumlah besar kemudian dibagi -bagi menggunakan manajemen bandwitdh di perangkat routernya.

Cara memilih jasa layanan internet untuk digunakan di rumah terkadang sulit untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan. Masalah yang umum ditemui misalnya susah mendapat koneksi internet yang reliabel san stabil apalagi kita tinggal di desa.

Berikut ini adalah jenis layanan internet yang bisa anda pilih  sesuai dengan lokasi anda:

1. Kabel

Layanan internet melalui kabel  yang umum dikenal di Indonesia adalah Telkom Speedy. Ini merupakan pengembangan dari layanan sebelumnya yaitu dial-up telkomnet instan dengan no akses 080989999 . Koneksi internet menggunakan kabel telepon ini menjanjikan koneksi yang cepat dan stabil.

Dengan berlangganan paket internet ini anda akan mendapatkan satu alamat IP publik yang bisa digunakan web server atau ip camera yang bisa diakses dari manapun.

Perkembangan selanjutnya dari koneksi internet kabel ini adalah dengan menggunakan kabel fiber optic yang memastikan kecepatan data yang jauh lebih tinggi.

Tapi seiring dengan berkembangnya teknologi selular mengakibatkan  pengguna telepon rumah ini berkurang. Lagi pula tidak semua daerah apalagi di pedesaan terdapat jaringan kabel telepon.

2. Paket Data

Koneksi internet menggunakan jaringan telepon selular bisa diakses hanya dengan menggunakan modem USB atau handphone. Walaupun secara teori paket data HSDPA mampu memberikan kecepatan download sebesar 14,4 Mbit/s namun kenyaatan kecepatan tersebut sangat sulit dicapai. Bahkan sering tampilan sinyal menunjukka 3G namun kecepatan downloadnya masih kurang dari 100 Kbit/s. Sehingga  tidak cocok jika dipakai lebih dari satu pemakai atau dibagi pakai.

Anda cukup menggunakan USB modem dan langganan paket internet dari provider yang sinyalnya bagus di daerah anda.
HUAWEI USB Modem [E173]
 

3. Wireless

Jika di tempat anda tidak kabel line telepon yang memungkinkan mendapatkan layanan ADSL, anda bisa menggunakan koneksi wireless 2,4 GHz atau 5,8 Ghz. Layanan ini umum dikenal dengan RT/RW net. Koneksi ini sudah banyak digunakan di beberapa kota kecil atau pedesaan di Indonesia.

Jika anda ingin mencoba apakah ada sinyal WiFi di tempat anda, bisa menggunakan antena khusus seperti model grid atau model antena wireless outdoor lainya kemudian scan  ssid yang ditemukan beserta kekuatan sinyalnya. Kekuatan sinyal ditandai dalam dbm.

Layanan internet melalui frekuensi radio ini banyak diberikan oleh perusahaan ISP lokal dimana biasanya mereka mereka membeli bandwidth dalam jumlah besar kemudian mendistribusikannya ke pelosok – pelosok.

Metode pembayaran paket internet ini ada yang model voucher atau bulanan prabayar.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*