Saturday , 25 November 2017
Home » Blog » Memilih Paket Internet Termurah dan Terbaik

Memilih Paket Internet Termurah dan Terbaik

tower bts

Memilih paket data internet untuk smartphone atau dengan koneksi modem bisa menjali sulit karena banyaknya pilihan  dan masing – masing operator menawarkan dalam bentuk paket yang terkadang sangat membingungkan. Kalau dahulu hanya ada dua pilihan yaitu data base (pemberian tarif berdasarkan jumlah data yang digunakan) dan Time Base ( tarif berdasarkan waktu penggunaan) maka kini pilihannya tidaklah sesederhana itu.

Penentuan tarif internet oleh operator biasanya ditentukan oleh bebebera kriteria misalnya, penggunaan pada siang hari atau malam hari, jangka waktu paket (harian,mingguan atau bulanan) dan paket promo.

Memilih paket internet tidak memang tidak bisa hanya ditentukan oleh harga yang murah. Beberapa hal perlu dipertimbangkan yaitu, kualitas sinyal  di daerah masing – masing, kecepatan dan kestabilan dari koneksi. Jika anda berada di kota besar mungkin masalah sinyal tidak menjadi masalah, tetapi ketika kita berada di luar kota atau di pedesaan memperoleh sinyal 3G keatas masih susah.

Berikut adalah beberapa contoh paket internet dari beberapa operator di Indonesia :

1. Paket Internet dari Telkomsel

Telkomsel mengklaim mempunyai jangkauan yang paling luas sampai pelosok Indonesia.  Untuk paket internet, Telkomsel memiliki Flash.  Flash bisa digunakan oleh pengguna Kartu Halo, Simpati dan As. Paket internet dari Telkomsel sangat banyak dan bisa dilihat pada Informasi paket internet dari Telkomsel. Untuk paket bulanan termurah adalah sebesar 25 ribu rupiah.

Sementara jika anda kesulitan memilih paket internet yang cocok untuk anda, Telkomsel memberikan layanan paket rekomendasi. Dimana anda bisa memasukkan parameter aktivitas anda ber-internet setiap hari atau bulannya serta perangkat apa yang anda gunakan, tablet, smartphone atau modem.

2. Paket Internet dari XL

Xl juga menawarkan banyak pilihan paket internet yang bisa dipilih. Saya sendiri sempat menggunakan paket internet dari XL karena  dulu pernah memberikan paket internet unlimited selama sebulan namun sekarang semua paket dibatasi dengan kuota. Paket internet dari XL dibagi menjadi 3 jenis yaitu Hotrod 3G+, Begadang dan Super Ngebut. Semua paket bisa dilihat di Paket Internet dari XL

3. Paket Internet dari Indosat

Selain menawarkan banyak pilihan paket internet, Indosat juga menjanjikan kecepatan sampai dengan 14 Mbps khusus untuk area Bali.  Informasi lebih lanjut mengenai internet dari Indosat bisa dilihat pada pada Paket internet dari Indosat.

4. Paket Internet dari Axis

Axis banyak dipilih karena masih menawarkan paket internet unlimited tetapi juga dibatasi dengan batas pemakaian wajar.  Informasinya bisa dilihat di  Paket internet Axis

5. Paket Internet dari Smartfren

Jika operator yang lain berada di jalur GSM maka Smartfren menggunakan jalur CDMA. Sehingga sinyal internetnya bisa menjangkau pedesaan. Smartfren masih memberikan dua alternatif paket yaitu volume based dan unlimited. 

Sebelum memilih salah satu paket internet  sebaiknya anda memperhatikan hal – hal sebagai berikut :

  • Pastikan di tempat tinggal anda bisa menerima sinyal yang bagus dari operator yang bersangkutan. Sinyal internet mempunyai rentang dari rendah ke yang paling cepat yaitu, G (GPRS) – E (Edge) – 3G – H (HSDPA) – H+.
  • Baca dengan teliti syarat dan ketentuan dari paket yang akan anda pilih.
  • Sesuaikan keperluan internet dengan paket yang dipilih

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

One comment

  1. Yang paling penting sih pastikan sinyalnya bagus atau nggak di daerah rumah kita, itu paling fatal banget deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*