Tuesday , 22 August 2017
Home » Blog » Memilih Layanan Penyimpanan Berbasis Awan (Cloud Storage)

Memilih Layanan Penyimpanan Berbasis Awan (Cloud Storage)

Media penyimpanan data selalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Saat ini ada beberapa penyimpanan berbasis komputasi awan (cloud computing) yang paling digunakan sebagai pengganti penyimpanan konvensional seperti CD/DVD atau Flashdisk. Media penyimpanan cloud diplih karena kemudahan untuk berbagi tanpa dibatasi jarak, murahnya koneksi internet dan yang terakhir adalah gratis. Media penyimpanan model baru ini menawarkan kemudahan karena kalau kita pergi ke luar daerah tidak perlu membawa media penyimpanan fisik seperti flash disk hanya untuk membawa beberapa dokumen.

komputasi awan

Berikut adalah 3 penyedia cloud storage yang menawarkan kemudahan karena memungkinkan untuk sinkronisasi dengan folder di komputer. Penggunaannya menjadi mudah karena sama seperti menggunakan media penyimpanan seperti flash disk atau harddisk eksternal.

Dropbox

Dropbox menawarkan layanan penyimpanan gratis sebesar 2 Gigabyte yang bisa ditambah lagi. Dropbox mendukung berbagai flatform seperti Microsoft Windows, Linux, Mac, Android, Blackberry dan Iphone

Google Drive

Cloud Storage dari raksasa internet Google ini memberikan kapasitas penyimpanan 5 GB secara cuma – cuma atau bisa diperbesar sampai dengan 16 TB. Media penyimpanan dari google ini bisa dikolaborasikan dengan produk google lain seperti google document. Bisa berjalan pada Microsoft Windows, Mac, Iphone dan Android.

Sky Drive

Sky Drive merupakan cloud storage dari Microsoft. Layanan ini sudah langsung terintegrasi dengan Windows 8. Kapasitas gratis yang diberikan adalah sebesar 7 GB. Aplikasinya bisa digunakan pada Windows, Iphone, Windows Phone dan Android.

Kesimpulan

Dari ketiga layanan diatas semua menawarkan kelebihannya masing -masing. Dropbox menawarkan kapasitas penyimpanan paling kecil yaitu sebesar 2 GB namun mendukung hampir semua sistem operasi yang ada. Untuk menambah kapasitas kita juga bisa menggunakan ketiganya sehingga mendapatkan kapasitas 14 GB secara cuma – cuma . Kapasitas sedemikian tentu sudah cukup besar untuk menampung beberapa berkas yang sering digunakan.

Update.

Bagi anda pemakai perangkat mobile berbasis Android, anda bisa mengunakan aplikasi CloudCube untuk mengelola semua cloud storage yang anda gunakan. CloudCube mendukung semua layanan cloud storage yang umum dipakai seperti, Google Drive, Sky Drive, Dropbox, Yandex.disk, Sugarsync, 4shared dan Ubuntu One. Cloudcube bisa didapatkan secara gratis di Play Store.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*