Thursday , 19 October 2017
Home » Pendidikan » Membuat Website Sekolah

Membuat Website Sekolah

papan tulis

Sebagai institusi pendidikan, sekolah wajib memiliki sebuah website untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.  Teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan sudah digunakan misalnya e-learning. Banyak sekolah baik itu SD,SMP dan SMU sudah memiliki sebuah web atau situs. Nama domain resmi untuk sekolah adalah sch.id. Domain ini ini bisa didapatkan di Pandi.

Manfaat Website Sekolah

Jika dikelola secara baik dan berkelanjutan, website sekolah  bisa dimanfaatkan  misalnya untuk publikasi kegiatan sekolah, tempat pengumuman, upload materi pelajaran, forum diskusi , agenda dan lain sebagainya. Website sekolah juga bisa dijadikan sarana untuk berinteraksi antara guru, murid dan orang tua/wali murid.

Memilih CMS untuk Website Sekolah

Syarat  untuk pengelolaan ini atau konten website yang dinamis adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi Content Management System (CMS).  CMS ini bisa dibuat sendiri menggunakan sebuah aplikasi, misalnya  Dreamweaver. Namun jika tidak memiliki kemampuan atau tidak ingin direpotkan dengan bahasa pemrograman, di internet sudah beredar banyak sekali CMS open source yang bisa didapatkan secara gratis. Berikut ini adalah beberapa CMS yang bisa digunakan untuk membuat website sekolah :

  1. Joomla. Merupakan CMS yang sangat bagus digunakan untuk website komunitas. Joomla mendukung registrasi banyak anggota dan memiliki fitur yang lengkap. Semua fitur yang ada dalam sebuah website bisa ditangani oleh joomla.
  2. WordPress. Merupakan CMS yang ditujukan untuk blog namun dalam perkembangannya wordpress bisa digunakan untuk berbagai keperluan termasuk website sekolah. Penggunaan worpress sangat mudah bahkan untuk pemula.
  3. Drupal
  4. Balitbang CMS. Ini merupakan CMS yang dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional yang juga bisa digunakan secara gratis. Download balitbang CMS v.3.5.2

SIAP Sekolah

Telkom menyediakan ruang  untuk informasi sekolah yang tidak memiliki website sendiri dengan nama Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) sekolah. Banyak sekolah yang sudah bergabung dengan portal ini karena pihak sekolah tidak direpotkan dengan pengelolaan teknis dan infrastruktur. Penamaan alamat domain SIAP sekolah adalah nama_sekolah.siap-sekolah.com

Contoh tampilan halaman web/situs dari SIAP Sekolah:

smun 4 sgr

Website SIAP Sekolah

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

3 comments

  1. Very nice post. I simply stumbled upon your weblog and wanted
    to mention that I’ve really enjoyed surfing around your weblog posts.

    After all I will be subscribing to your rss feed and I hope you write again very
    soon!

  2. Thanks for your marvelous posting! I actually enjoyed
    reading it, you will be a great author.I will make sure to bookmark your blog and will come back someday.
    I want to encourage you to continue your great posts, have a nice morning!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*