Tuesday , 22 August 2017
Home » Elektronik » Membuat Subwoofer Box untuk Mobil

Membuat Subwoofer Box untuk Mobil

subwoofer rakitan

Merakit sendiri  kotak pengeras suara / subwoofer box bukanlah pekerjaan yang sulit, yang dibutuhkan adalah sedikit pengetahuan tentang pengolahan kayu dan tentang audio dasar.

Pemilihan Subwoofer

Dari segi merek terdapat banyak  jenis subwoofer untuk mobil yang beredar di pasaran. Harga yang mahal belum tentu menjamin kualitas suara yang bagus. Sebelum mengeluarkan uang untuk mendapatkan subwoofer, alangkah bijaksananya jika anda mencari referensi melalui review di berbagai situs atau bila memungkinkan anda bisa mencoba dengan mendengarkan langsung sebelum membelinya.

Desain Box

Secara umum ada 3 (tiga) jenis desain yang dapat dipilih untuk membuat kotak subwoofer. Setiap desain akan menghasilkan suara bass yang berbeda – beda.

  • Sealed Box. Merupakan desain box yang paling sederhana tanpa adanya lubang.
  • Ported Box. Box dengan lubang
  • Band Pass Box.

Ukuran Box Subwoofer

Setiap subwoofer biasanya menyertakan volume box yang disarankan. Ukuran kotak sebuah subwoofer sangat berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghitung ukuran isi/volume yang ingin anda buat. Hitungan matematika sederhananya adalah panjang x lebar x tinggi.  Apabila kemampuan matematika anda agak kurang seperti saya, jangan khawatir karena ini ada software khusus yang bisa membantu menyelesaikan perhitungan dengan lebih cepat.

Langkah – langkah pembuatan box :

Bahan terbaik  untuk pembuatan box subwoofer adalah menggunakan papan MDF dengan ketebalan 3/4 Inch. Bisa juga menggunakan papan kayu yang memiliki tekstur tidak terlalu keras.

  1. Potong papan sesuai ukuran
  2. Oleskan kedua permukaan yang akan di lekatkan dengan lem kayu. Penggunaan lem ini adalah sangat penting karena kualitas suara yang dihasilkan dengan menggunakan lem dan hanya menggunakan paku sangat berbeda.
  3. Setelah berbentuk kotak baru buat lubang sesuai ukuran subwoofer dan juga lubang untuk port belakang.
  4. Untuk finishing anda bisa menggunakan karpet

Untuk pemasangan di mobil anda bisa dilihat di :  Memasang Amplifier dan Subwoofer di Mobil

Referensi :

1. How to Build a Subwoofer Box. This DIY project can be a real money-saver

2. Instructables

www.lazada.com

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*