Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Membuat Amplifier Rakitan dengan IC LA4440

ampifier rakitan
Bagi anda yang ingin mencoba sebuah proyek elektronika sederhana, merakit sebuah amplifier bisa dijadikan permulaan. Amplifier merupakan rangkaian elektronik yang berfungsi untuk menaikkan kekuatan suara dari sebuah sistem suara ( sound system). Dipasaran sudah banyak terdapat amplifier yang sudah siap pakai baik yang built-up atau bermerek dan yang rakitan. Membuat sendiri sebuah peralatan elektronik tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri disamping untuk proses pembelajaran.
Kali ini kita mencoba membuat sendiri sebuah penguat suara menggunakan sebuah IC LA4440. Ic ini sudah sangat populer digunakan untuk membuat ampli  sehingga mudah didapatkan di toko komponen elektronik di kota anda. Menggunakan IC tentu membuat skema rangkaian yang lebih sederhana dibandingkan dengan mengunakan transistor.

Contoh skema rangkaian untuk amplifier mode stereo :

skema rangkaian la4440

Skema rangkaian untuk amplifier bridge :

skema amplifier brigde la4440

Untuk mempelajari masing – pin dalam IC LA4440 , bisa dilihat di datasheet berikut.

Amplifier ini menghasilkan power sebesar 6 x 2 watt stereo. Cukup untuk mendengarkan musik dikamar dari komputer anda. Untuk speaker -nya bisa digunakan dengan ukuran 8 inch.

Jika anda tidak ingin membuat rangkaian PCB nya sendiri, anda bisa mendapatkan PCB sudah berisi sudah jadi sehingga anda tinggal membeli komponen – komponen yang yang diperlukan.
Di pasaran juga tersedia modul /kit elektronik amplifier dengan IC LA4440 ini yang komponeknya sudah terpasang dan sudah terintegrasi dengan tone control untuk mengatur bass, treble dan balance. Bahkan ada yang sudah ditambahkan dengan radio atau  tuner FM.

amplifier kit

Sehingga yang anda perlukan agar amplifier ini dapat mengeluarkan suara adalah power supply atau trafo 1 Amp dan diode penyearahnya serta kabel untuk input suaranya. Atau jika ingin lebih rapi tinggal ditambah dengan cassing untuk amplifier kecil ini.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *