Tuesday , 22 August 2017
Home » E-Government » Memanfaatkan Sistem Informasi Geografis untuk Pemerintah Daerah

Memanfaatkan Sistem Informasi Geografis untuk Pemerintah Daerah

peta buleleng

Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System (GIS) merupakan aplikasi atau sistem informasi yang digunakan untuk mengelola informasi spasial atau berbasis keruangan. GIS sudah banyak diimplementasikan oleh instansi pemerintah baik itu pemerintah pusat maupun daerah untuk berbagai keperluan. Namun belum semua instansi dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan optimal karena kurangnya pemahaman tentang manfaat SIG serta kurang akurat nya data akibat dari kurangnya pembaharuan data.

Fitur dalam sebuah SIG dipengaruhi oleh lapisan (layers) yang ada. Satu SIG bisa saja untuk berbagai keperluan. Sistem informasi ini sangat baik digunakan untuk pengambilan keputusan. Berikut adalah beberapa manfaat dari SIG:

SIG untuk Inventarisasi Sumber Daya Alam

Inventarisasi sumber daya alam penting untuk pengelolaan sumber daya alam yang digunakan untuk kepentingan masyarakat. Ini juga terkait dengan pengelolaan kawasan pertanian, kehutanan dan konservasi lahan.

Monitoring dan Evaluasi Pembangunan

SIG dapat digunakan perencanaan tata ruang di suatu wilayah yang mencakup analisis dampak lingkungan, tata kota yang baik, menentukan lokasi untuk perumahan dan monitoring infrastruktur.

Penanganan Bencana Alam

SIG dapat digunakan untuk pengelolaan rehabilitasi pasca bencana apabila terjadi bencana di suatu daerah. Selanjutnya dapat dipetakan daerah mana terkena bencana paling besar sehingga pemerintah dapat menentukan prioritas pemulihan dan pembangunan  di lokasi tersebut.

Bisnis dan Ekonomi

Sebaran aktivitas perekonomian suatu daerah dapat dilihat dengan lebih  mudah. Dengan SIG dapat  diketahui lokasi – lokasi seperti usaha kecil atau industri rumah tangga dan UMKM.

Contoh SIG beberapa instansi:

Note:

Pengembangan SIG berpedoman pada Undang – undang no 4 tahun 2011 tentang Informasi Geospasial.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*