Saturday , 25 November 2017
Home » server » Media Center di Rumah dengan Plex

Media Center di Rumah dengan Plex

plex media server

Sebelumnya sudah dibahas tentang pembuatan media center di rumah menggunakan XBMC dimana kita bisa membuat sendiri layaknya smart tv dirumah dengan menggunakan perangkat mobile sebagai remote -nya. Sekarang kita akan membahas tentang pembuatan media center di rumah dengan menggunakan aplikasi bernama Plex. Plex merupakan media server yang bisa berjalan di Windows, Mac dan Nas server.

Mengapa memilih Plex?

Setelah kita menginstall Plex Media Server, kita bisa mengakses media kita baik itu musik, video dan photo di server dari berbagai macam perangkat yang didukung. Plex Media Server bisa diakses dari perangkat mobile berbasis iOS, Android dan Windows Phone 7. Media di Plex juga bisa dimainkan dari aplikasi khusus di Windows 8, Roku, Samsung Smart TV, LG, dan Google TV.

Kita bisa memainkan musik dan video secara streaming menggunakan berbagai perangkat tersebut di sekitar jaringan LAN atau wireless di sekitar rumah atau dari manapun via internet. Kita tidak perlu memindahkan file dari berbagai perangkat yang kita gunakan.

plex media server 1

Instalasi Plex Media Server

Instalasi Plex Media Server sama saja dengan install aplikasi biasa. Pertama download aplikasinya disini lalu install.

Setelah proses instalasi selesai, server sudah bisa diakses lewat jaringan yaitu http://alamat_ip:32400. Atau untuk di perangkat android bisa menggunakan fitur browse.

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*