Tuesday , 22 August 2017
Home » Blog » Manfaat Meditasi

Manfaat Meditasi


meditasi
Kata meditasi identik dengan praktik spiritual yang berasal dari Timur seperti Budha, Hindu dan budaya Cina.  Meditasi selalu merujuk pada kegiatan duduk berjam – jam lamanya, mengucapkan mantra – mantra atau dengan mendengarkan musik khusus.

Pada tahap yang paling sederhana, meditasi bisa dilakukan hanya dengan diam sejenak sambil memperhatikan nafas kita.  Kita bisa duduk bersila atau bersimpuh atau bagaimanapun itu sepanjang anda merasa nyaman. Waktu yang diperlukan bisa mulai dengan 2 atau 5 menit.

Hidup di zaman dimana informasi mengalir dengan begitu derasnya serta persaingan hidup yang semakin ketat membuat tekanan terhadap pikiran semakin berat. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika kita melakukan meditasi secara rutin :

Pikiran yang Lebih Fokus

Meditasi pada dasarnya melatih pikiran untuk fokus pada satu objek dan selalu dalam kondisi aware terhadap apapun yang terjadi. Hal ini akan bermanfaat ketika sedang belajar ataupun bekerja. Untuk yang masih pelajar atau mahasiswa, belajar di tengah serbuan berbagai perangkat digital membutuhkan konsentrasi yang lebih. Begitu juga dalam hal pekerjaan. Meditasi membantu anda untuk berkonsentrasi terhadap apapun yang sedang anda kerjakan.

Mengurangi Kegelisahan

Gelisah merupakan akibat dari kekhawatiran berlebih terhadap sesuatu yang belum terjadi. Ini bisa berakibat tidak baik terhadap kesehatan fisik maupun mental kita. Dengan bermeditasi kita dilatih untuk menyatu dengan apa yang terjadi sekarang. Masa lalu sudah berlalu sementara masa depan masih misteri.

Meningkatkan Kreativitas

Walaupun kreativitas tidak mudah untuk dipelajari namun penelitian ilmiah menunjukan bahwa dengan meditasi atau latihan pikiran yang teratur kita dapat menciptakan berbagai ide baru.

Ingatan yang Lebih Baik 

Karena meditasi berpengaruh dengan bagaimana susunan otak kita maka meditasi dapat memperbaiki daya ingat.

Mengurangi Stress

Beban kerja yang lebih dari satu (multitasking) terkadang membuat kita mudah menderita stress. Dengan pikiran yang lebih tenang tentu kita bisa menghadapi tugas – tugas dengan lebih rileks.

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*