Tuesday , 22 August 2017
Home » server » Manfaat Jaringan Komputer di Rumah

Manfaat Jaringan Komputer di Rumah

jaringan komputer

Saat ini berbagai perangkat elektronik sudah mendukung konektifitas ke jaringan komputer baik menggunakan kabel maupun wireless. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan bila kita membuat sebuah jaringan komputer dirumah antara lain, berbagi paket sumber daya ( koneksi internet, printer dan perangkat penyimpanan) , media streaming, keamanan dan bahkan otomatisasi berbagai perangkat di rumah. 

Berbagi Koneksi Internet

Satu koneksi internet yang dibagi menggunakan jaringan tentu akan memberikan efisiensi dari segi biaya. Koneksi ini bisa digunakan secara bersama – sama untuk seluruh perangkat seperti, smartphone, tablet, laptop, komputer, smart tv, ip camera dan lain -lain.  Anda dapat memilih  layanan  internet dari Internet Service Provider (ISP)  yang memungkinkan sesuai dengan lokasi anda berada. Karena koneksi internet ini akan dibagi maka harus dipilih yang bisa memberikan internet dengan kecepatan yang tinggi. Koneksi DSL  contohnya Speedy dari telkom menawarkan koneksi yang lebih stabil karena menggunakan kabel. Namun di lokasi anda harus ada kabel jaringan telepon. Alternatif yang lain adalah menggunakan antena wireless 2,4 GHz dan paket data dengan modem HSDPA.

Berbagi File

Walaupun semua perangkat memiliki media penyimpanannya sendiri, namun jika semua file disimpan dalam satu perangkat tertentu akan sulit dalam hal pengelolaannya. Jika kita men -download sebuah film ( legal atau tidak legal) dengan ukuran Gigabyte di komputer menggunakan torrent dan ingin menontonnya di tablet kita maka kita harus meng- copy file tersebut ke dalam media penyimpanan di tablet tersebut. Hal ini tentu tidak praktis, memerlukan banyak ruang penyimpanan dan tentu saja membuang banyak waktu. Dengan menggunakan jaringan komputer, kita bisa menyimpan file – file kita dalam komputer atau juga bisa membuat sendiri server Network Attached Server ( NAS) menggunakan Freenas.  Jika mempunyai anggaran lebih bisa menggunakan server NAS built up contohnya Qnap.

Multimedia Streaming

Dengan mengunakan media streaming dirumah, anda dapat menikmati koleksi lagu – lagu dan film favorit di beberapa perangkat sekaligus seperti smart tv, tablet, smartphone dan laptop. Untuk membuat media streaming dibutuhkan sebuah media server.  Disini sudah dibahas cara membuat media server menggunakan Plex dan menggunakan XBMC.  Serta langkah – langkah streaming media ke perangkat mobile seperti tablet dan smartphone.

Multiplayers Game

Memainkan permainan secara bersama – sama tentunya memberikan keseruan tersendiri. Dengan adanya jaringan komputer dirumah kita bisa bermain dengan seluruh anggota keluarga dan tamu anda. Kebanyakan games bisa dimainkan secara peer to peer sehingga tidak memerlukan banyak settingan.

 

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

2 comments

  1. permisi min,barangkali pengunjung sedang main dan membutuhkan hosting indonesia silahkan mampir
    harga sangat terjangkau untuk semua kalangan,dan bila mau berbisnis hosting dengan modal 50rb sudah mempunyai bisnis hosting atas nama perusahaan anda,mampir ya
    terima kasih min P:)

  2. tapi sama aja kalo jaringan di rumah kagak bener -.-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*