Saturday , 25 November 2017
Home » Open Source » Linux Mint 15 vs Ubuntu 13.04 : Linux untuk Pemula

Linux Mint 15 vs Ubuntu 13.04 : Linux untuk Pemula

Dua distro Linux yang paling banyak digunakan menurut page hit rangking di distrowatch.com adalah Linux Mint dan Ubuntu. Mint merupakan distro yang dikembangkan berdasarkan  Ubuntu ( Ubuntu -based) walaupun pada perkembangannya mengalami perubahan dari pendahulunya.  Kedua distro Linux ini didesain untuk kemudahan penggunaan bagi pengguna Linux pemula. Berikut adalah beberapa perbedaan dari Linux Mint 15 dan Ubuntu13.04.

Instalasi

Proses instalasi Mint dan Ubuntu adalah sama persis, kotak dialog untuk pengelolaan partisi sama sampai dengan proses instalasi selesai. Untuk membuat Mint atau Ubuntu bersebelahan dengan Microsoft Windows juga sama prosesnya. Yang berbeda adalah aplikasi bawaan dari mint dan Ubuntu. Mint hadir dengan semua aplikasi dan codec yang dibutuhkan oleh pengguna komputer umumnya. Tidak perlu menambahkan codec untuk sekedar memutar file mp3 atau flash player. Mint siap digunakan tanpa harus menghubungkan dengan internet setelah instalasi.

Tampilan

Tampilan Ubuntu lebih cenderung ke arah tampilan OS X dari apple sedangkan Mint lebih mirip ke tampilan Microsoft Windows. Ubuntu 13.04 tampil dengan tampilan unity yaitu tampilan icon- icon disisi kiri layar dengan icon dash dimana dengan tombol ini kita mencari apapun yang ada di komputer baik itu Aplikasi, riwayat percakapan dari akun – akun jejaring sosial yang kita integrasikan, maupun dokumen – dokumen yang telah kita buka sebelumnya ( recent). Mint 15 hadir dengan desktop management standar yaitu mate dan cinnamon sedangkan Ubuntu masih tetap dengan Gnome-nya.

Aplikasi

Dari segi aplikasi baik itu Mint atau Ubuntu hampir sama karena semua aplikasi yang bisa berjalan di Ubuntu juga kompetibel dengan Mint. Aplikasi untuk menambah atau menghapus di Ubuntu 13.04 yaitu “Ubuntu Software Center” sedangkan untuk Mint punya “Software Manager”.

Kesimpulan

Bagi anda pemula Linux atau ingin mencoba menggunakan Linux untuk pertama kali Mint atau Ubuntu adalah pilihan yang sama baiknya. Tetapi bila anda terbiasa bekerja dengan tampilan windows, Mint adalah jawabannya.

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*