Friday , 18 August 2017
Home » Pertanian & Perkebunan » Kopi Luwak Bali

Kopi Luwak Bali

Luwak dalam bahasa Bali dikenal dengan nama Lubak. Lubak adalah makhluk noctural yang keluar mencari mangsa pada malam hari. Oleh karena itu orang yang suka kelayapan dimalam hari sering disebut nge-Lubak. Dalam cerita rakyat Bali Lubak merupakan tokoh jahat yang selalu mengincar hewan piaraan terutama ayam.

Jauh sebelum kopi luwak menjadi trend, orang tua dulu memang lebih suka mengkonsumsi kopi dari kotoran luwak ini. Biasanya mereka memisahkan antara kopi yang akan dijual dengan kopi untuk konsumsi sendiri. Luwak bisa mengkonsumsi kopi arabika dan kopi robusta.

Saat ini banyak warga yang memelihara luwak dikandang kemudian diberi makan berupa biji kopi yang sudah masak lalu diambil feses(kotorannya). Sejumlah tempat penjual kopi luwak jenis ini bisa ditemukan di kawasan wisata agrotourism seperti di jalur Singaraja Denpasar.

Polulasi luwak liar di Desa Wanagiri saat ini masih cukup banyak. Kualitas kopi luwak dari luwak liar lebih baik daripada luwak yang dipelihara di kandang. Ini mungkin terkait dengan hormon dimana luwak liar lebih sehat dan tidak stress. Disamping itu luwak liar hanya mengkonsumsi kopi dengan kualitas terbaik. Namun untuk mencari feses dari luwak liar ini cukup sulit karena petani harus mengelilingi kebun bahkan ke hutan .

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*