Saturday , 25 November 2017
Home » server » Konfigurasi Server Lebih Mudah Dengan Webmin

Konfigurasi Server Lebih Mudah Dengan Webmin

Sebuah server dengan sistem operasi Linux lebih baik tidak menggunakan tampilan Graphical User Interface (GUI) agar menghemat penggunaan memori VGA. Sesuai dengan peruntukkannya server memang tidak dibekali dengan memori VGA yang cukup besar. Dengan tanpa adanya tampilan desktop maka proses setting menggunakan metode text atau command prompt dan menggunakan metode remote dari computer lain. Bagi pemula proses menggunakan prompt ini mungkin akan mengalami kesulitan.

Webmin merupakan sebuah aplikasi open source yang bisa di pasang di server untuk memudahkan konfigurasi. Setelah diinstal webmin bisa diaktifkan sebagai service yang aktif setiap server dihidupkan.

Cara Instalasi

Pertama download dahulu paket istalasi di halaman download sesuai dengan sistem server yang digunakan. Untuk server berbasis  ubuntu debian bisa mengetikkan perintah di terminal sebagai berikut :

wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin_1.630_all.deb

lalu jalankan perintah :

dpkg –install webmin_1.630_all.deb

Instalasi akan otomatis menginstal pada direktori  /usr/share/webmin, untuk konfigurasi login dengan user root dan passwordnya. Alamat loginnya adalah  http://localhost:10000/. Atau jika menggunakan komputer dari jaringan  ganti localhost dengan IP dari server

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*