Tuesday , 22 August 2017
Home » Kabupaten Buleleng » Kenapa [harus] Berwisata ke Bali Utara?

Kenapa [harus] Berwisata ke Bali Utara?

Kawasan Buleleng cenderung lebih sepi jika dibandingkan dengan Bali bagian selatan. Situasi seperti ini sangat cocok bagi anda yang sudah jenuh dengan keramaian dan ingin menghabiskan liburan dengan cara yang berbeda. Banyak sekali objek wisata alam yang tidak kalah indahnya  namun belum banyak dikunjungi. Untuched Beauty.

Banyak jalan menuju Buleleng. Apabila dari arah Denpasar dan ingin singgah di Kebun Raya serta danau Beratan berarti anda bisa lewat Bedugul. Setelah lewat Bedugul anda akan memasuki desa Pancasari. Desa Pancasari sudah masuk ke Kabupaten Buleleng.  Desa ini merupakan sentra penghasil sayuran dan buah terutama strowberry. Anda bisa membeli strowberry langsung memetik sendiri dari kebunnya. Atau anda bisa juga menuju danau Buyan. Kawasan danau Buyan dan Tamblingan merupakan kawasan yang masih asri dan dikelilingi oleh hutan tropis. Kegiatan yang bisa dilakukan disini yaitu trekking, memancing di danau, keliling danau dengan menggunakan perahu tradisional.

danau buyan

Setelah desa Pancasari anda akan sampai di desa Wanagiri. Disini ada tempat peristirahatan yang dikenal dengan Pucak dengan monyet -monyetnya. Beberapa wisatawan ada yang senang memberi makan monyet disini. Jika tujuan anda adalah Buleleng bagian barat anda bisa mengambil jalur ke kiri menuju desa Munduk.  Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan danau Buyan dan Tamblingan dari atas yaitu sepanjang jalan desa Wanagiri. Di sekitar jalan ini sudah berkembang beberapa fasilitas pariwisata seperti penginapan atau sekedar tempat minum kopi.

Desa Munduk merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Buleleng. Tidak heran jika di daerah ini anda akan banyak wisatawan asing yang berjalan kaki di sekitar rumah penduduk. Desa Munduk memiliki hawa sejuk dengan pemandangan kebun cengkeh serta areal persawahan yang masih asri.

air terjun gitgitSementara jika kita melewati jalur desa Gitgit, wisata yang terkenal disini adalah Air Terjun Gitgit. Ada dua air terjun disini yaitu air terjun bertingkat di bagian atas dan satu air terjun lagi di bawahnya.

Jika anda tertarik dengan wisata budaya dan ingin mengetahui kehidupan tradisional di desa tua, maka anda bisa menjumpainya di Buleleng . Kita bisa menemukan desa tua di kecamatan Tejakula seperti desa Julah , Sembiran dan Sambirenteng  serta di kecamatan Banjar seperti desa Sidetapa, Cempaga,Tigawasa dan Pedawa.

 

 

 

 

Pemerintah Kabupaten Buleleng sedang menyusun blue print tentang rencana tata ruang kepariwisataan di Kabupaten Buleleng. Secara umum kawasan wisata di Buleleng akan dibagi kedalam beberapa zonasi pariwisata. Bagian barat contohya, dengan pemandangan bawah laut yang memukau akan dimasukkan ke dalam zona pariwisata dengan tujuan khusus, yaitu menyelam.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*