Tuesday , 22 August 2017
Home » server » Instalasi QNAP NAS Server

Instalasi QNAP NAS Server

Hari ini saya mendapat kesempatan melakukan instalasi  Network-Attached Storage (NAS) Server dari QNAP dengan type TS-879u-RP untuk keperluan kantor.

NAS merupakan sebuah server dengan sistem operasi yang dikhususkan untuk backup dan tempat penyimpanan berbasis jaringan. Untuk mengakses data di server NAS, pengguna diberikan hak akses masing – masing.

Merek QNAP sebenarnya merek baru yang saya dengar untuk NAS, yang familiar yaitu Buffalo, Infortrend, IBM dan HP.  Sebelumnya saya sudah mencoba membangun server NAS sendiri menggunakan PC Rakitan dengan sistem operasi Freenas. Server dari QNAP ini juga menggunakan sistem operasi Linux embed.  Tidak banyak perbedaan dibandingkan dengan freenas dari sisi sistem operasi, tetapi karena ini adalah server NAS built-up berarti dalam hal konfigurasi menjadi lebih mudah.

QNAPTS 879U-RP diperuntukan untuk segment perkantoran tingkat menengah (mid-end). Selain fungsi utamanya sebagai media penyimpanan dan backup data, server ini juga difungsikan untuk hal lain misalnya, web server, multimedia media server, cloud dan print server.

Salah satu fitur menarik adalah adanya aplication server dimana kita dapat menambahkan aplikasi pada server dengan sangat mudah. Ini mirip dengan software softacualus pada cpanel hosting. Script instalasi seperti, Joomla, WordPress, Audio steraming bisa ditambahkan di server NAS ini.

Aplikasi Mobile

Kelebihan dari server NAS dari QNAP ini adalah dengan dukungan aplikasi untuk perangkat Mobile yang berbasis IOS dan Android. Dengan aplikasi ini kita bisa mengambil data di komputer dengan perangkat tersbut dari manapun.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*