Tuesday , 22 August 2017
Home » Pendidikan » Instalasi CMS Balitbang untuk Website Sekolah

Instalasi CMS Balitbang untuk Website Sekolah

cms web sekolah

Kita sudah membahas tentang manfaat dan bagaimana cara membangun sebuah website untuk sekolah. Banyak jenis CMS yang bisa digunakan untuk memebuat website.  Berikut ini akan disajikan tutorial proses instalasi website sekolah menggunakan manajemen konten dari Balitbang Kemendikbud yang diberi nama CMS balitbang.

Untuk uji coba, CMS ini dapat diinstall di komputer yang terlebih dahulu komputer kita disetting sebagai web server. Untuk pengguna Windows bisa menggunakan XAMPP yang sudah berisi Apache, Mysql dan PHP dalam satu paket.

balitbang 2Pilih tingkat sekolah atau peruntukkan dari website ini,  walaupun CMS ini dikhususkan untuk website sekolah namun bisa juga digunakan untuk instansi misalnya, Dinas Pendidikan.

balitbang 3Tentukan modul dari CMS yang akan digunakan pilihannya adalah fitur profil, registrasi member dan Sistem Informasi Manajemen (SIM)

balitbang4Isi kolom konfigurasi dari database CMS. Pertama anda harus membuat akun dan database kosong di mysql. Isi kolom profil  sesuai dengan data sekolah anda.

balitbang 5Ini adalah tampilan ketika proses instalasi sudah selesai. Anda bisa melihat template website dengan klik pada “lihat web” sedangkan untuk konfigurasi konten/isi dan tampilan website silahkan klik pada “login admin”

tampilan admin balitbangIni adalah tampilan dari halaman administrator atau backend dari CMS balitbang dimana anda dapat mengatur semua ini website.

tampilan web balitbang

Ini adalah tampilah standar dari contoh website sekolah dengan CMS Balitbang, seluruh ampilan dapat anda ubah sesuai sekolah anda.

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*